Kompas.com - 01/05/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi swab test Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi swab test Covid-19
|
Editor Dian Ihsan


KOMPAS.com - Salah satu program pemerintah yang terus digencarkan untuk mengetahui penyebaran Covid-19 yakni dengan langkah 3T (Testing, Tracing dan Treatment).

Program ini bisa dilakukan dengan berbagai metode, mulai dari rapid test, GeNose, swab antigen hingga swab PCR.

Untuk mempermudah masyarakat melalukan pemeriksaan Covid-19, Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki penambahan fasilitas layanan tes swab PCR beserta laboratorium pemeriksaan sampel PCR.

Dirut Institut Pembangunan Jawa Barat (Injabar) Unpad, Keri Lestari menerangkan, Padjadjaran Swab PCR Test menyediakan layanan pemeriksaan PCR dengan cepat dan harga lebih terjangkau dibandingkan biaya tes PCR pada umumnya.

Baca juga: Pakar UGM: Covid-19 Terus Bermutasi, Masyarakat Harus Disiplin Prokes

Lebih cepat dan murah

Keri pun memastikan, layanan pemeriksaan PCR di Padjadjaran Swab PCR Test akan selesai pada hari yang sama atau maksimal 24 jam.

“Kami mencari solusi bagaimana caranya supaya layanan tersebut bisa diberikan secara cepat dan terjangkau. Alhamdulillah ini harganya di bawah Rp 900 ribu,” kata Prof. Keri seperti dikutip dari laman Unpad, Jumat (30/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, pemeriksaan PCR di Padjadjaran Swab PCR Test dikenakan biaya sebesar Rp 780.000. Biaya ini, lanjut Keri lebih terjangkau dari standar biaya PCR pada umumnya.

Bahkan, beberapa layanan pemeriksaan PCR dengan hasil satu hari bisa menghabiskan biaya di atas Rp 1 juta.

Baca juga: Pakar IPB: Ini Bahaya Makan Telur Setengah Matang

Berbasis aplikasi

Laboratorium Padjadjaran Swab PCR Test bisa melakukan pengujian hingga 1.000 sampel per harinya. Untuk melakukan tes, peserta melakukan registrasi terlebih dahulu melalui aplikasi Indonesia Test, Trace, & Isolation (InaTTI).

Keri menambahkan, aplikasi InaTTI merupakan aplikasi yang dikembangkan dosen dari Fakultas Farmasi Unpad. Fungsi utama aplikasi ini adalah melakukan tracing dan pendampingan isolasi mandiri oleh para apoteker.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.