Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Ciputra: 8 Jenis Usaha Rumahan yang Menjanjikan Saat Pandemi

Kompas.com - 30/04/2021, 16:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bekerja dari rumah merupakan salah satu hal tidak terbayangkan namun menjadi kenyataan sebagai akibat dari adanya pandemi Covid-19.

Orang-orang yang semula harus berangkat ke kantor untuk bekerja, kini bisa melakukan rutinitas tersebut dari rumah.

Karena bekerja dari rumah, sebagian orang akhirnya memiliki waktu yang cukup luang karena bisa menghemat waktu perjalanan, selama tidak berbenturan dengan pekerjaan utama.

Apalagi, dengan banyaknya waktu di rumah saja sebenarnya banyak kegiatan yang bisa dilakukan dan bisa menambah pendapatan, misalnya membuka usaha dari rumah.

Baca juga: Ragam Buku Minggu Ini: Belajar Kelola Bisnis dan Investasi dari Nol

Jika kesulitan menemukan ide, ada beberapa ide usaha di bawah ini bisa diterapkan. Melansir dari laman resmi Universitas Ciputra, berikut ide usaha rumahan yang menjanjikan untuk dijalankan :

Usaha rumahan kuliner

Usaha kuliner memang tidak akan pernah ada matinya. Hal ini disebabkan karena pangan akan selalu dibutuhkan oleh manusia. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha rumahan kuliner.

Ada berbagai jenis makanan yang bisa Anda buat dan kemudian dijual. Tinggal menyesuaikan saja sekiranya apa jenis makanan yang kini sedang banyak disukai oleh orang-orang. Jika Anda membuka usaha kuliner berupa lauk pauk pun akan selalu dibutuhkan dan menguntungkan.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Membuka laundry

Laundry juga merupakan usaha rumahan yang menjanjikan untuk dijalankan. Dengan aktivitas yang semakin banyak membuat waktu untuk mencuci menjadi semakin sedikit. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang untuk membuka usaha laundry.

Usaha laundry bisa Anda jalankan dengan atau tanpa mesin cuci. Namun, akan lebih baik jika Anda mempunyai mesin cuci untuk mencuci pakaian sekaligus mengeringkannya dengan cepat. Usaha laundry selalu dicari oleh para pengguna untuk mempersingkat proses mencuci dan merapikan pakaian.

Membuka jasa desain grafis

Jika Anda mempunyai kemampuan untuk membuat desain grafis dan mengoperasikan softwarenya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuka jasa. Anda bisa membuka jasa desain grafis sebagai usaha rumahan dan menjualnya di internet atau langsung pada klien yang membutuhkan.

Membuka jasa fotografi

Apabila Anda mempunyai kamera dan perlengkapan foto lain, maka bisa membuka jasa fotografi di rumah. Anda bisa membuat studio foto untuk menjadi sarana menjalankan usaha rumahan. Jasa fotografi selalu dibutuhkan oleh orang-orang.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 15 Juta Per Bulan

Membuka jasa jahit pakaian

Jika Anda mempunyai mesin jahit di rumah, maka bisa memanfaatkannya untuk menjadi modal membuka usaha rumahan jahit pakaian. Kebutuhan akan penjahit selalu saja ada, sehingga bisa Anda jadikan sebagai peluang untuk usaha rumahan yang menjanjikan.

Membuka jasa cuci kendaraan

Jasa cuci kendaraan juga merupakan salah satu usaha rumahan yang banyak dibutuhkan. Hanya bermodalkan peralatan untuk membersihkan saja Anda sudah bisa menciptakan peluang usaha. Anda bisa membuka jasa cuci kendaraan seperti mobil dan motor.

Membuka jasa air minum isi ulang

Air minum merupakan hal yang akan selalu dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup. Sehingga, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha. Anda bisa membuka jasa air minum isi ulang dan akan merasakan keuntungannya dengan cepat.

Membuka budidaya ikan hias

Ide usaha rumahan yang terakhir adalah budidaya ikan hias. Saat ini, banyak sekali penggemar ikan hias yang rela merogoh kocek dalam untuk ikan hias tertentu. Anda bisa menjadikan budidaya ikan hias sebagai peluang usaha rumahan yang menguntungkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com