Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Buka 4 Jalur Prestasi 2021, Simak Syarat dan Jadwalnya

Kompas.com - 30/04/2021, 14:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke Universitas Gadjah Mada (UGM) dan memiliki prestasi jangan sia-siakan kesempatan yang satu ini.

Kali ini, UGM membuka jalur prestasi bagi mahasiswa baru angkatan 2021/2022. Hal ini, ditegaskan oleh Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sri Peni Wastutiningsih.

Peni menjelaskan, ada beberapa jalur prestasi yang bisa disimak calon mahasiswa. Berikut daftarnya:

1. Pertama adalah jalur PBUK (Penelurusan Bibit Unggul Kemitraan). UGM bermitra dengan banyak institusi baik institusi negeri maupun swasta.

2. Kedua, jalur PBUB (Penelurusan Bibit Unggul Berprestasi), unggul karena keilmuannya mengikuti beberapa olimpiade seperti olimpiade kimia, geografi, fisika, biologi dll.

Baca juga: Pendaftaran STAN 2021 Dibuka, Ini Syarat Nilai Minimal UTBK 2021

Dalam PBUB ini ada PBOS (Penelurusan Bidang Olahraga dan Seni), yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang mempunyai prestasi di bidang Olahraga dan Seni.

3. Ketiga, jalur PBUTM (Penelurusan Bibit Unggul Tidak Mampu). Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang beruntung.

4. Terakhir adalah jalur PBUSMAK (Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Kejuruan Sekolah Vokasi).

“Sampai saat ini kebijakannya setiap siswa-siswi hanya bisa mendaftar satu jenis jalur prestasi saja. Proses seleksinya bareng-bareng, jadi adik-adik diminta memilih salah satu saja, misal memilih PBUB, PBOS, atau PBUK saja,”kata Peni dilansir dari rilis resmi ugm.ac.id.

Peni menambahkan, untuk jalur prestasi terdapat persyaratan umum dan khusus.

Baca juga: Syarat Daftar Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Pertama, diperuntukkan untuk WNI sehingga khusus jalur ini tidak ada warga negara asing.

Kemudian, Siswa yang berada di kelas 12, yaitu lulus pada tahun 2021, kecuali untuk yg bidang olahraga boleh lulusan tahun lalu.

Lalu, mempunyai nilai rapor dari semester 1-5 baik dari SMA, SMK, maupun madrasah. Untuk SMK yang programnya 4 tahun, rapor yang diserahkan adalah dari semester 1-7. Nilai rapor tersebut harus di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dan yang mengikuti jalur prestasi adalah 25 persen terbaik di kelasnya.

“Selain itu, ada persyaratan khusus, misalnya dalam PBUTM terdapat syarat penghasilan orang tua adalah Rp 4 juta/bulan dan orang tuanya paling tinggi lulus diploma dan S1. Ada beberapa syarat khusus di setiap jalurnya, sudah ditulis lengkap di um.ugm.ac.id,” tutur Peni.

Bagi yang mendaftar jalur prestasi, UGM berharap prestasi yang didapatkan paling rendah adalah juara 1 dan 2 di tingkat provinsi, juara 1,2,3 tingkat nasional, maupun finalis tingkat internasional.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 15 Juta Per Bulan

Lembaga yang melakukan kompetisi juga harus lembaga yang kredibel karena akan ditelusuri lebih lanjut.

Dalam kompetisi grup, peserta yang bersangkutan juga harus menyertakan bahwa ia memang ikut dalam kejuaraan tersebut.

Untuk pendaftaran, dilakukan hingga 3 Mei 2021 dan diumumkan pada 25 Mei 2021. 

Informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi dapat diakses melalui website https://um.ugm.ac.id/ melalui hotline 0857-0955-9730, 0851-5635-8683 atau sosial media @admisiugm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com