Kompas.com - 28/04/2021, 08:45 WIB
Beasiswa LPDP Dok. LPDPBeasiswa LPDP

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) membuka beasiswa program S2 bagi mahasiswa berprestasi.

Beasiswa Prestasi Talenta ini merupakan program baru dari perluasan program beasiswa LPDP tahun 2021.Mendikbud Nadiem Makarim menuturkan, beasiswa S2 untuk mahasiswa berprestasi ini terdiri dari beasiswa S2 perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri.

"(Beasiswa ini diperuntukkan) Bagi mahasiswa S1 yang berprestasi di dalam negeri," kata Nadiem dilansir dari kanal Youtube Kemendikbud RI seri Merdeka Belajar episode 10: Perluasan Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca juga: Universitas Pertahanan RI Buka Beasiswa S2-S3, Bebas Biaya Kuliah

Beasiswa Prestasi Talenta ditujukan kepada mahasiswa berprestasi nasional dan internasional terpilih di bidang akademik dan non akademik. Selain itu, terdapat kategori mahasiswa prasejahtera yang diterima melanjutkan studi S2 di 12 Perguruan Tinggi Utama Dunia yang ditetapkan LPDP.

Adapun kategori prestasi mahasiswa yakni di bidang sains, riset dan teknologi, seni, budaya dan literasi, vokasi dan kewirausahaan, serta olahraga dan kesejahteraan jasmani.

Persyaratan beasiswa dalam negeri

1. Menyerahkan salinan KTP.

2. Memiliki integritas kebangsaan sebagai Pelajar Pancasila calon penerus masa depan bangsa.

3. Menyerahkan Surat Keterangan sehat jasmani dan bebas NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif).

Baca juga: Beasiswa S2 Malaysia, Kuliah Gratis dan Tunjangan Bulanan Rp 5,2 Juta

4. Telah tercatat sebagai pemenang juara 1 (emas), 2 (perak) dan 3 (perunggu) pada lomba/kompetisi/Festival tingkat internasional dan nasional dalam 4 (empat) bidang pengembangan talenta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X