Kompas.com - 26/04/2021, 11:44 WIB
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah. KOMPAS.COM/DOK UNSOEDUniversitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) masuk jajaran 20 besar perguruan tinggi Indonesia dalam research and innovation ranking berdasarkan Scimago Institutions Rankings (SIR) 2021.

Melansir dari laman resmi media sosial ditjen dikti, Unsoed berada di peringkat ke-17 untuk perguruan tinggi di Indonesia. Hal ini sebagaimana diumumkan dalam situs Scimago Institutions Rankings.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik Indonesia Versi Scimago

Berdasarkan data di situs resminya pada tahun sebelumnya Unsoed berada di peringkat ke-28. Hal ini membuktikan riset dan inovasi yang dilakukan Unsoed mengalami peningkatan yang signifikan dan semakin diakui.

Berdasarkan situs resminya, The Scimago Institutions Rankings adalah lembaga pemeringkatan yang menggabungkan tiga indikator dalam pemeringkatan.

Yakni, berdasarkan kinerja penelitian (bobot 50 persen), hasil inovasi (bobot 30 persen), dan dampak sosial (bobot 20 persen) yang diukur dengan visibilitas website.

Indikator tersebut dibagi menjadi tiga kelompok yang dimaksudkan untuk mencerminkan karakteristik ilmiah, ekonomi, dan sosial lembaga, masing-masing mencakup aspek "size dependent" dan "size independent".

Dengan metode tersebut, Scimago menyediakan statistik keseluruhan publikasi ilmiah dan hasil kegiatan lainnya.

Rektor Unsoed, Suwarto mengungkapkan, bahwa capaian ini merupakan tolok ukur kuantitatif capaian kinerja dibidang riset dan inovasi para dosen unsoed.

"Capaian tersebut berkat kerja keras para dosen dan dukungan berbagai unit di Unsoed. Sebagai Rektor, tentunya merasa bangga dan berterima kasih atas capaian para dosen dan seluruh unit," ungkapnya melansir laman Unsoed, Senin (26/4/2021).

Ketua LPPM Unsoed, Rifda Naufalin mengatakan, capaian ini sesungguhnya merupakan buah dari kerja keras sivitas akademika Unsoed yang berperan serta meningkatkan jumlah dan kualitas artikel ilmiah internasional hasil luaran dari penelitian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.