Kompas.com - 26/04/2021, 10:18 WIB
SMP Labschool Jakarta bersama POMG menggelar Gema Ramadhan 2021 lewat sejumlah kegiatan diadakan secara daring dan luring sebagai bagian dari pendidikan karakter siswa. DOK. LABSCHOOL JAKARTASMP Labschool Jakarta bersama POMG menggelar Gema Ramadhan 2021 lewat sejumlah kegiatan diadakan secara daring dan luring sebagai bagian dari pendidikan karakter siswa.

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan menjadi momentum tepat untuk menanamkan berbagai pendidikan karakter baik, termasuk di tengah masa pandemi global ini. Meski sekolah masih menjalankan pembelajaran jarak jauh, bukan berarti pendidikan karakter ini lantas terhenti.

Pendidikan karakter inilah yang secara terus diupayakan SMP Labschool Jakarta melalui program "Gema Ramadhan" yang rutin diadakan setiap tahun, termasuk tahun ini di tengah masa pandemi Covid-19.

Kepala Sekolah SMP Labschool Jakarta, Asdi Wiharto menyebutkan (24/4/2021) dalam "Gema Ramadhan 2021" sejumlah kegiatan diadakan secara daring dan luring sebagai bagian dari pendidikan karakter siswa.

"Ada sejumlah kegiatan Ramadhan daring diadakan mulai dari Tadaruz pagi sebelum pembelajaran dimulai, bahkan setiap Jumat diadakan untuk seluruh warga sekolah. Ada juga Obrolan Puasa, Pesan Ramadhan, Tahfiz Juz 30, hingga video Ramadhan," ungkap Asdi.

Lebih jauh Asdi menjelaskan, kegiatan "Gema Ramadhan" SMP Labschool tidak hanya dilakukan daring oleh siswa melainkan juga melibatkan peran orangtua dan juga beberapa di antaranya dilakukan secara luring, tentunya dengan protokol kesehatan ketat.

"POMG (Persatuan Orangtua Murid dan Guru)  selalu menjadi suport (pendukung) utama kegiatan sekolah," ujar Asdi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ramadhan di Swiss, Mahasiswa S3 Ini Puasa Tapi Nggak Terasa Lapar

Dari TPU hingga Bantar Gebang

Salah satu kegiatan "Gema Ramadhan" SMP Labschool tahun ini yang mendapat dukungan orangtua adalah pembagian sembako dan paket berbuka puasa yang ditujukan bagi warga kurang mampu, mulai dari warga sekitar sekolah, panti asuhan, anak jalanan, petugas tempat pemakaman umum (TPU) hingga pekerja pengumpul sampah informasl di Bantar Gebang.

"Selain warga kurang mampu sekitar sekolah, kami berpikir siapa lagi warga yang kurang mendapat perhatian untuk mendapatkan bantuan Ramadhan. Akhirnya diputuskan untuk memberikan paket bantuan untuk petugas TPU," jelas Ayu Novianti, Ketua POMG SMP Labschool.

Kegiatan "Gema Ramadhan" berbagi donasi ini sudah dilaksanakan sejak 9 April 2021 dengan membagikan 100 paket bantuan untuk karyawan, petugas keamanan, tukang parkir hingga kaum duafa yang ada di sekitar sekolah.

Yang terbaru, perwakilan POMG dan siswa membagikan 750 paket sembako dan paket iftar ke masyarakat di sekitar TPST (Tempat Pembuangan Sampah Akhir) Bantar Gebang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X