Kompas.com - 25/04/2021, 14:18 WIB
Ilustrasi obat alergi Pixabay/StevepbIlustrasi obat alergi

KOMPAS.com - Saat puasa, kesehatan dan kondisi tubuh harus ekstra diperhatikan. Jika sedikit saja merasakan gejala flu atau penyakit lain di tubuh, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Hal ini supaya Anda lebih khidmat dan khusyuk menjalankan puasa.

Saat periksa ke dokter, pasien biasanya akan diberi atau diminta menebus obat. Setiap obat yang diresepkan biasanya sudah disertai dengan dosis tertentu.

Misalnya, jika kamu mendapat resep obat A diminum tiga kali sehari, setiap minum dosisnya 1 tablet. Lalu ada juga obat B yang hanya diresepkan diminum 2 kali sehari. Pastikan saat kamu mengonsumsinya, perbedaan dosis itu harus benar-benar diperhatikan.

Karena, jika tidak memerhatikan cara mengonsumsi obat yang benar bisa-bisa malah membahayakan diri sendiri.

Baca juga: Belajar Mengenal Obat-obatan di Buku Why? Medication and Treatment

Kepala Program Studi (Kaprodi) S1 Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Saptono Hadi menegaskan, bahwa konsumen harus benar-benar mengetahui dosis obat dan meminumnya secara tepat.

"Cara menggunakan obat yang baik itu salah satunya tepat dosis, tepat waktu, dan tepat cara penggunaan. Kalau tepat waktu yang baik itu memang sesuai jam yaitu kalau 3 kali sehari ya 24 jam dibagi 3 yaitu 8 jam per minum," jelas Saptono, dilansir dari laman UNS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembagian jam tersebut maksudnya konsumen harus melihat berapa kali sehari dosis minum obatnya.

Jika obatnya harus diminum dua kali sehari. Misalnya, minum pertama pukul 09.00, obat selanjutnya baru boleh diminum pukul 21.00.

Dengan penjelasan tersebut, kata dia, kebiasaan yang ada di masyarakat perlu diperbaiki.

Baca juga: Pakar IPB: Khasiat Tanaman Porang, Cegah Kanker dan Gula Darah

Kebiasaan minum obat masyarakat Indonesia selama ini yaitu meminum obat berbarengan dengan jam makan. Jika obat diminum tiga kali sehari, masyarakat umumnya akan meminumnya saat sarapan, jam makan siang, dan jam makan malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.