Kompas.com - 24/04/2021, 14:32 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Guru Besar Kajian Melayu-Indonesia Hankuk University of Foreign Studies, Prof. Koh Young Hun mengaku, belajar Bahasa Indonesia ternyata makin diminati oleh warga Korea Selatan.

Fakta ini disampaikannya saat menjadi pemateri kuliah umum secara daring yang digelar oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember.

Baca juga: ITS Kampus Terbaik Indonesia Bidang Computer Science Versi Scimago

Menurut dia, setiap tahun setidaknya ada 500 siswa yang tertarik belajar Bahasa Indonesia di berbagai perguruan tinggi di Korea Selatan.

"Di Hankuk University of Foreign Studies, khususnya Kajian Melayu-Indonesia sendiri rata-rata menerima 70 mahasiswa baru setiap tahunnya," sebut dia melansir laman Universitas Jember, Sabtu (24/4/2021).

Dia menyatakan, salah satu faktor yang mendorong siswa Korea Selatan berminat belajar Bahasa Indonesia adalah merebut peluang untuk bekerja di perusahaan Korea Selatan yang beroperasi di Indonesia.

Lanjut dia menyebut, jika mereka memiliki kemampuan berbahasa Indonesia, maka kesempatan diterima di perusahaan yang berinvestasi di Indonesia makin terbuka.

Bahkan, kata dia, saat ini sudah ada satu sekolah menengah atas di Korea Selatan yang mulai menawarkan pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswanya.

Dia mengusulkan empat hal agar Bahasa Indonesia makin berkembang dan menjadi salah satu bahasa internasional.

Baca juga: Universitas Jember Terima 3.712 Mahasiswa Jalur UTBK-SBMPTN 2021

Pertama, harus ada penetapan standar Bahasa Indonesia, mengingat Malaysia menggunakan bahasa Melayu, sementara Indonesia dengan Bahasa Indonesia.

Bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia memiliki perbedaan pada tata bahasa dan dialeknya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.