Kompas.com - 24/04/2021, 13:16 WIB
Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Arif Satri saat diwawancara, Jumat (10/1/2020). KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAHRektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Arif Satri saat diwawancara, Jumat (10/1/2020).
|

KOMPAS.com - Salah satu lembaga pemeringkatan kampus di seluruh dunia belum lama ini merilis daftar kampus atau perguruan tinggi terbaik dunia.

Salah satu kampus di Indonesia, IPB University juga masuk dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di dunia.

Berdasarkan Impact Ranking THE World University Rankings, IPB University masuk peringkat 7 di Indonesia dan peringat 101-200 di dunia.

Baca juga: Mahasiswa, Simak Strategi Berwirausaha di Era Kebiasaan Baru

Dengan adanya perankingan dunia ini memiliki dampak luar biasa bagi perguruan tinggi. Perankingan membuka jalan untuk menjalin kerja sama konsorsium internasional.

Permudah akses kerja sama internasional

Menurut Rektor IPB University, Prof. Arif Satria, dengan menyebut posisi ranking perguruan tinggi, akses kerja sama internasional menjadi sangat mudah.

"Saat ini IPB University telah tergabung dalam 14 konsorsium riset baru," ujar Prof. Arif Satria, seperti dikutip laman IPB University, Jumat (23/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikatakan demikian karena disebutkan posisi IPB University di perankingan dunia. "Jadi perankingan itu bukan sekedar menjaga reputasi, akan tetapi membutuhkan strategi, butuh effort, butuh data yang harus dipersiapkan," imbuhnya.

Sedangkan terkait ranking, Rektor menyebutkan perguruan tinggi di Malaysia bisa masuk perankingan di bawah 200 besar dunia.

Ada perguruan tinggi di Malaysia lebih maju dari Indonesia. Hal ini karena terkoordinasikan dengan baik.

Setidaknya ada sekitar lima perguruan tinggi yang terkonsolidasi oleh kementerian sehingga mereka mengambil langkah secara bersama-sama.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.