Kompas.com - 24/04/2021, 07:53 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Tahun ajaran baru mendatang diharapkan semua jenjang pendidikan telah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Termasuk di jenjang Perguruan Tinggi (PT).

Termasuk kampus di wilayah DIY, harus segera menyiapkan diri untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka atau luring pada semester ganjil tahun akademik 2021/2022, antara bulan Juli atau awal September 2021.

Kepala LLDikti Wilayah V Prof. Didi Achjari mengatakan, sebanyak 80 persen kampus di DIY sudah siap untuk melaksanakan kuliah tatap muka di semester depan.

Menurutnya, perkuliahan Blended atau Hybrid Learning pada dasarnya merupakan gabungan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka dan secara virtual ini. Tidak serta merta diwajibkan untuk seluruh kampus.

"Semua tergantung pada kesiapan dan kemampuan masing-masing PT. Jika masih belum yakin bisa menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan baik. Maka masih diizinkan untuk daring terlebih dulu," terang Prof. Didi disela-sela penyerahan SK Mendikbud RI tentang Izin Pembukaan Prodi Teknik Kimia Program Magister Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Ingin Jadi Peternak Ayam Kampung? Ini Kunci Sukses dari Pakar UGM

Vaksinasi lengkap tendik di bulan Mei

Agar perkuliahan tatap muka bisa segera terealisasikan, Didi berharap vaksinasi tahap kedua untuk tenaga kependidikan (tendik) bisa direalisasikan pada bulan Mei 2021.

"Sehingga semua merasa aman menjalankan perkuliahan secara tatap muka, dan mahasiswa juga tidak ragu untuk mengikuti perkuliahan offline,"  tandas Didi.

Terkait pembukaan prodi S2 Teknik Kimia, dia berharap, dengan adanya prodi baru ini, UAD dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di LLDikti Wilayah V.

Baca juga: Lowongan Kerja Mitsubishi Motors bagi S1 Fresh Graduate

Selain itu juga mampu menghasilkan ahli ahli kimia yang bisa menunjang kemandirian bangsa.

"Hingga kini terdapat 17 Prodi Teknik Kimia Program Magister diseluruh indonesia dan hanya ada 1 di DIY yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) sejak tahun 1993. Maka, UAD praktis menjadi PTS pertama dan satu satunya yang menyelenggarakan Prodi Teknik Kimia Program Magister di Yogyakarta saat ini," beber Didi.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.