Kompas.com - 23/04/2021, 17:15 WIB
Universitas Sumatera Utara (USU) Situs USUUniversitas Sumatera Utara (USU)
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2021.

Hasilnya, USU meraih peringkat ke-15 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Sedangkan di dunia, meraih peringkat 801-1.000, dari total 1.115 perguruan tinggi dunia.

Baca juga: ITS Peringkat 1 Indonesia dan 64 Dunia pada THE Impact Rankings 2021

"Perolehan ini merupakan titik awal dan pintu masuk bagi USU dalam menjelajah pengakuan standarisasi internasional," ucap Rektor USU, Muryanto dalam keterangan resminya, Jumat (23/4/2021).

Dia menjelaskan, THE Impact Rangkings adalah pemeringkatan tingkat dunia yang mengukur seberapa besar dampak (impact) sebuah perguruan tinggi terhadap Sustainable Development Goals (SDGs).

Dia berharap, keikutsertaan USU yang pertama kalinya dalam pemeringkatan THE Impact 2021 bisa membuat seluruh civitas akademika bekerja lebih keras lagi, agar bisa meningkatkan peringkat di penilaian berikutnya.

"Untuk pertama kalinya USU telah dilirik oleh THE dan ini menjadi motivasi bagi kita untuk terus bekerja keras," jelas dia.

Dia mengaku, perlu upaya yang kuat bagi USU dalam memberikan layanan terbaiknya untuk memberikan solusi bagi masalah pembangunan agar berkelanjutan.

"Kita akan persiapkan program internasionalisasi agar kontribusi USU dinilai lebih baik dalam tahun berikutnya," kata Rektor USU.

Baca juga: Unpad Masuk 10 Besar Versi THE Impact Rankings 2021

Menurut dia, program internasionalisasi yang tengah dipersiapkan USU menuju desain ideal.

Setidaknya ada 6 program prioritas yang digulirkan, yakni:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X