Kompas.com - 23/04/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi mengetik ShutterstockIlustrasi mengetik

KOMPAS.com - Mengerjakan skripsi, sering kali membuat mahasiswa stres. Akhirnya, gara-gara skripsi, sering kali masa kuliah mahasiswa menjadi mundur dari batas waktu yang ditargetkan.

Agar skripsi tak lagi molor dan tak jadi beban bagi mahasiswa, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair), Niluh Putu Dian Rosalina Handayani Narsa membagikan empat kunci yang dapat memengaruhi skripsi cepat dan selesai tepat waktu. Apa saja ini? Melansir dari laman Unair, ini tipsnya:

Komitmen

Pertama faktor dari diri sendiri, yaitu kembali pada tekad dan komitmen mengerjakan skripsi.

Karena, dengan komitmen dan tekad pada diri sendiri setidaknya akan memunculkan target yang disepakati diri sendiri. Misalnya, sudah tidak terasa mundur dua bulan, pikirkan lagi mau sampai kapan skripsinya dibiarkan lama? Tentu harus ada timeline untuk target diri sendiri.

Baca juga: Lowongan Magang PT Pertamina untuk Mahasiswa S1

Kerjakan objek yang telah dipilih

Kedua, Objek yang dipilih harus fokus dikerjakan. Bagaimanapun objek yang telah dipilih tentu harus dikerjakan. Ibaratnya, apa yang sudah dimulai tentu harus diakhiri dengan baik.

Ketahui dasar statistik

Ketiga, hal teknis pemahaman dasar statistik harus diketahui. Ada banyak referensi untuk mempelajari statistik. Mai dari artikel di web, buku hingga tayangan Youtube. Jangan ragu bertanya pada sosok yang mengerti hal ini.

Perhatikan sikap

Keempat, attitude menghadapi dosen. Kadang, mahasiswa suka lupa sikap mereka saat bertemu dosen. Bagaimanapun, dosen juga sosok yang lebih tua layaknya orangtua. Sehingga, tetap ada tata krama yang harus diperhatikan saat bertemu.

Ingat juga, jika kegiatan dosen sangat banyak. Pastikan, jika hendak bimbingan benar-benar ada jam yang cocok bagi dosen untuk membimbing mu.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Magang untuk Lulusan SMA

Hal lain tak kalah penting

Kemudian ia menambahkan, agar skripsi cepat selesai, maka mahasiswa harus memiliki motivasi yang kuat dalam menyelesaikannya.

Mahasiswa harus memahami diri sendiri apa yang memotivasinya untuk mengerjakan skripsi. Selain itu, mahasiswa juga harus memiliki manajemen waktu yang baik. Yakni, membuat target dan jadwal apa yang harus diselesaikan tiap minggu atau tiap bulan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X