Kompas.com - 22/04/2021, 16:15 WIB
Ilustrasi anak belajar mewarnai KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDIIlustrasi anak belajar mewarnai

KOMPAS.com - Kemajuan suatu bangsa, ada di tangan generasi muda. Generasi penerus yang harus dibekali tak hanya dengan ilmu, namun juga pendidikan karakter yang baik.

Profil Pelajar Pancasila menjadi salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mencetak generasi yang berkarakter Pancasila. Sesuai dengan visi dan misi Presiden RI, yaitu Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

Profil Pelajar Pancasila sendiri terdiri enam indikator, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Salah satu upaya melahirkan Profil Pelajar Pancasila di satuan pendidikan adalah dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis Project Based Learning (PBL).

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan, sistem pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning mesti digalakkan. Hal ini agar kolaborasi antar pelajar terus terbangun melalui proyek pembelajaran tersebut.

"Makanya saya ingin pembelajaran semua Project Based Learning. Saya ingin di kuliah Project Based Learning, di sekolah Project Based Learning. Jadi buat pemicu kemandirian, kolaborasi, dan kreativitas," kata Nadiem beberapa waktu lalu, seperti dirangkum dari laman Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud.

Nadiem juga menyampaikan, kemampuan berkolaborasi di dunia pendidikan semakin dibutuhkan di era saat ini. Karenanya, kolaborasi dan membangun kreativitas menjadi esensi dari kebijakan Merdeka Belajar.

Bermain sambil belajar lewat Project Based Learning

Pembelajaran Berbasis Project Based Learning atau PBL merupakan metode pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media.

Baca juga: Tak Berorientasi Nilai, Ini Cara Sekolah Cikal Asah Kompetensi Murid

Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

Project based learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X