Kompas.com - 22/04/2021, 14:35 WIB
Ilustrasi liburan SHUTTERSTOCKIlustrasi liburan
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Libur hari raya Idul Fitri banyak ditunggu semua umat muslim di dunia, khususnya Indonesia. Semua orang akan bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan satu sama lain.

Makna hari raya Idul Fitri begitu kental penuh rasa syukur, setelah berpuasa sebulan penuh.

Baca juga: Saat Puasa Dehidrasi, Lakukan 5 Tips Ini dari Pakar IPB

Selain silaturahmi dengan sanak keluarga maupun kerabat dekat, biasanya waktu libur Idul Fitri digunakan untuk berwisata dengan keluarga.

Nah, libur Idul Fitri tahun ini masih dalam masa pandemi Covid-19, maka perlu menerapkan liburan yang aman.

Guru Besar IPB, Prof. Harini Muntasib memiliki beberapa tips menjalankan liburan di tempat wisata dengan aman di masa pandemi Covid-19.

Dia mengaku, masyarakat harus tetap menerapkan 5 M, yakni:

  • Memakai masker.
  • Menjaga jarak.
  • Mencuci tangan.
  • Menjauhi kerumunan.
  • Membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Selain itu, kita juga bisa mencari alternatif wisata yang aman bagi keluarga pada liburan Idul Fitri," kata dia melansir laman IPB, Kamis (22/4/2021).

Untuk mencari lokasi wisata yang tidak berkerumun, kata dia, maka perlu survei. Tapi lokasinya jangan terlalu jauh dari rumah.

Baca juga: Mahasiswa, IPK Penentu Awal Seleksi di Perusahaan BUMN

"Karena kita perlu mengurangi mobilitas," ungkap dia.

Dia menyebut, bisa ditentukan lokasinya di suatu kebun, sawah atau dipinggir sungai yang pemandangannya bagus, sehingga bisa digunakan untuk wisata aman bersama keluar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X