Kompas.com - 22/04/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi kimia FREEPIKIlustrasi kimia

KOMPAS.com - Departemen Kimia IPB University bisa jadi pilihan calon mahasiswa yang tertarik mendalami Ilmu Kimia.

Bagi mahasiswa yang tertarik melanjutkan studi S2 atau S3 yang ada di IPB, ada sejumlah hal yang patut disimak.

Ketua Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Kimia FMIPA IPB University Mohamad Rafi menyampaikan profil atau kompetensi lulusan Pascasarjana (PS) Doktor Ilmu Kimia IPB University.

Ia mengatakan, lulusan dari Prodi ini mampu melakukan kajian di tingkat molekuler terhadap karakteristik, transformasi, dan energi pada bio-based material.

Baca juga: Akademisi IPB: Buah Ini Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes Selama Puasa

Tentu yang mendukung pengembangan bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika melalui riset. Sehingga, menghasilkan karya, kreatif original dan teruji.

"Mereka juga mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi di bidang kimia serta aplikasinya untuk pertanian dalam arti luas melalui pendekatan interdisipliner, multi disiplin, dan transdisipliner," kata Rafi mengutip siaran pers IPB University.

Selain itu, kata dia, lulusan juga bisa merancang, mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset di bidang kimia yang bermanfaat.

Terutama, dalam bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Sementara, Ketua Prodi Kimia Universitas Muhammadiyah Bulukumba Saadatul Husna juga mengungkapkan keunggulan prodi ilmu kimia IPB University.

Baca juga: Universitas Pertahanan RI Buka Beasiswa S2-S3, Bebas Biaya Kuliah

Saadatul sendiri, juga membagikan kisah perjalanannya studi S2 di Kimia IPB University.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X