Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER EDUKASI] Syarat Masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara | Pendaftaran STAN 2021 Dibuka | Lowongan Kerja di UI Jadi Dosen

Kompas.com - 22/04/2021, 13:43 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Informasi mengenai syarat daftar Sekolah Tinggi Intelijen Negara menjadi berita paling populer di kanal edukasi Kompas.com.

Selain itu informasi mengenai pendaftaran STAN dan syarat nilai minimal Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 menjadi artikel favorit nomor kedua.

Sedangkan artikel favorit yang ketiga, yakni terkait informasi Universitas Indonesia (UI) membuka lowongan kerja menjadi dosen beserta cara daftar dan syaratnya.

Berikut tiga berita populer sepanjang Senin hingga Kamis (18-22/4/2021).

Baca juga: Akademisi IPB: Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa dengan 6 Cara Ini

1. Syarat Daftar Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Sekolah Tinggi Intelijen Negara Milik BIN Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru 2020Dok. STIN Sekolah Tinggi Intelijen Negara Milik BIN Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru 2020

Pendaftaran perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan untuk tahun ajaran baru 2021/2022 resmi dibuka sejak Jumat (9/4/2021) melalui laman Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Melansir laman Twitter BKN pada Sabtu (17/4/2021), ada sejumlah sekolah kedinasan favorit dengan pendaftar terbanyak. Salah satunya ialah Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) dengan 2.316 pendaftar sementara.

Sedangkan pada peringkat pertama ada STIS dengan 3.871 pendaftar sementara, STAN 2.952, IPDN 2.570 dan Poltekim 1.614. STIN bisa menjadi salah satu sekolah kedinasan yang bisa dipertimbangkan karena menawarkan sejumlah keunggulan, di samping lulusan yang diangkat sebagai CPNS.

Bila ingin melihat berita lengkap terkait Syarat Daftar Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS bisa mengakses lewat tautan ini.

Baca juga: Ingin Jadi Peternak Ayam Kampung? Ini Kunci Sukses dari Pakar UGM

2. Pendaftaran STAN 2021 Dibuka, Ini Syarat Nilai Minimal UTBK 2021

Ilustrasi Sekolah Kedinasan, Ilustrasi PKN STANDOK. PKN STAN Ilustrasi Sekolah Kedinasan, Ilustrasi PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN bersama dengan tujuh Sekolah Kedinasan kini tengah membuka pendaftaran seleksi masuk tahun ajaran 2021/2022. PKN STAN merupakan perguruan tinggi di bawah Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi di Bidang Keuangan Negara.

Melansir laman resmi STAN, mulai 2021 PKN STAN memiliki 3 (tiga) program studi, yaitu Program Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Program Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, dan Program Diploma IV Manajemen Aset Publik.

Baca juga: Linindo Pacific International Buka Lowongan Kerja D3-S1 Fresh Graduate

Lulusan Prodi D4 dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

Untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur program reguler atau program afirmasi dari lulusan SMA sederajat, seluruh biaya pendidikan di PKN STAN dibebankan pada APBN.

Namun, PKN STAN tidak memberikan uang saku kepada mahasiswa selama pendidikan. Syarat rata-rata nilai ijazah dan nilai minimal UTBK Salah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com