Kompas.com - 21/04/2021, 11:45 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia memperingati dengan Hari Kartini. Hal ini karena mengacu sebagai hari lahir R.A Kartini yakni 21 April 1879.

Selain itu, R.A Kartini juga telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Yakni sebagai pejuang pendidikan pada perempuan-perempuan di sekitarnya.

R.A Kartini juga dikenal sebagai pejuang emansipasi wanita. Tetapi, bagaimana sosok Kartini dimasa kini?

Baca juga: Webinar UGM: Ini Penyebab Diabetes Mellitus Berikut Pencegahannya

Saat ini di era yang serba moderen, sosok Kartini adalah sosok perempuan yang multitasking. Selain itu, mereka yang punya hati, merangkul semua orang dan memberikan waktunya bukan hanya untuk keluarga tetapi juga lingkungan sekitar.

Kiprah perempuan moderen

Melansir laman Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (21/4/2021), Kepala Pusat Studi Wanita (PSW) UGM, Dr. Widya Nayati, M.A., memberikan penjelasan terkait Hari Kartini.

Menurutnya, kiprah perempuan moderen saat ini banyak berubah terutama kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi.

"Ini memudahkan semua orang. Penelitian di masa pandemi juga cepat kalau ingin mendapatkan data," ujarnya dikutip dari laman UGM.

"Ini luar biasa ibu-ibu yang mengurus rumah tapi tetap produktif menulis artikel," imbuh Widya.

Karena itulah Widya memberikan apresiasi terhadap perempuan yang energik dan produktif dengan mengoptimalkan kehadiran teknologi tersebut.

Baca juga: Ini Olahraga yang Cocok Saat Puasa Ramadhan ala Pakar UGM

Terkait memperingati 30 tahun PSW UGM dan Hari Kartini 2021, pihaknya menjelaskan beberapa kegiatan, seperti:

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.