Kompas.com - 20/04/2021, 15:35 WIB
Ilustrasi kuliah online PEXELS.comIlustrasi kuliah online
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setelah adanya pandemi Covid-19, satuan pendidikan di semua jenjang dilakukan secara dalam jaringan (daring).

Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melakukan survei terkait kondisi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selama Pandemi Covid-19.

Survei ini bertujuan mengetahui proses dan hambatan dalam pelaksanaan KBM daring dari perpektif mahasiswa.

Berdasarkan hasil survei, mayoritas responden, atau sebanyak 54,2 persen ternyata menginginkan KBM yang dilakukan secara blended learning. Yakni campur antara kuliah daring dan luring.

Baca juga: Unair Buka Jalur Seleksi Mandiri Kemitraan, Cek Syarat dan Jadwalnya

Pembelajaran blended dinilai paling nyaman

KBM secara blended ternyata dirasa paling nyaman untuk mendukung pencapaian kompetensi dan keterampilan dibandingkan dua opsi lainnya, yakni pembelajaran secara daring saja atau luring saja.

Sedangkan sisa responden lainnya, pilihan KBM yang dilakukan secara daring ternyata juga lebih dominan dibandingkan KBM luring.

Responden yang memilih KBM secara daring mencapai sebanyak 34,2 persen, sedangkan yang memilih KMB secara luring hanya 11,6 persen saja.

Survei PIKA ini tersebar kepada 10.800 mahasiswa di semua fakultas dan sekolah vokasi di UGM.

Responden paling banyak berasal dari Fakultas Teknik dan Vokasi dengan masing-masing jumlahnya 1.535 (14 persen) dan 1.248 (11 persen).

Baca juga: Ini 5 Cara Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi Selama Puasa ala Pakar IPB

Dari keseluruhan responden, diketahui 66 persen-nya berasal dari Program Sarjana, 19 persen dari Program Magister, 12 persen dari Program Sarjana Terapan, serta 3 persen lainnya dari Program Doktor, Profesi dan Spesialis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X