Kompas.com - 20/04/2021, 14:03 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim dalam acara serah terima soal seleksi CPNS dan PPPK 2021. Webinar KemendikbudMendikbud Nadiem Makarim dalam acara serah terima soal seleksi CPNS dan PPPK 2021.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mendikbud Nadiem Makarim memastikan pengadaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara akuntabel dan transparan.

Dengan begitu, kata dia, pelaksanaan rekrutmen memperoleh calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang smart.

Baca juga: Mendikbud: Pancasila dan Bahasa Indonesia Tetap Jadi Kurikulum Wajib

"Tapi dengan karakter integritas, nasionalis, profesional, berwawasan global, menguasai teknologi, memiliki jiwa ramah-tamah, serta mampu bangun jaringan," ungkap Nadiem secara daring, Selasa (20/4/2021).

Menurut dia, ASN yang smart bisa menentukan arah perkembangan Indonesia.

3 tahapan menyusun soal seleksi

Lanjut Nadiem menjelaskan, untuk menyusun soal seleksi CPNS dan PPPK melewati tiga tahapan.

Pertama, penyusunan kisi-kisi dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan seleksi CPNS dan kisi-kisi di tahun 2019.

Proses yang pertama ini, sebut dia, melibatkan unsur dari KemenPAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (BNN), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Lalu melibatkan juga para pakar dari perguruan tinggi yang didampingi ahli konstruksi soal dari pusat asesmen dan pembelajaran Kemendikbud," ungkap.

Kedua, penyesuaian soal seleksi ASN yang melibatkan penulis perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

Baca juga: Vaksinasi Seniman, Mendikbud: Agar Sektor Seni dan Budaya Bangkit

"Tapi dengan pendampingan dan penjaminan mutu oleh pusat asesmen dan pembelajaran sebagai ahli konstruksi sosial," jelas Nadiem.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X