Kompas.com - 20/04/2021, 11:37 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ardhito Pramono, salah satu penyanyi muda berbakat Tanah Air, baru saja merilis singel terbaru berjudul "Something New".

Berbeda dari karya-karya sebelumnya, "Something New" merupakan lagu anak-anak yang menjadi pembuka album pendek bertajuk Semar & Pasukan Monyet.

Bukan tanpa alasan, pelantun "Fine Today" ini menggarap proyek itu lantaran resah dengan banyaknya anak yang menyanyikan lagu orang dewasa.

Baca juga: Gubernur BI hingga 4 Menteri Jokowi Jadi Anggota MWA UGM

Hal ini menurutnya tidak baik bagi psikis mereka, terutama yang masih berusia 1 hingga 6 tahun.

Keresahan itu tentu bukan bahasan baru. Lantas, bagaimana sebenarnya pemilihan lagu yang tepat bagi psikologis dan perkembangan anak?

Menurut Dosen Psikologi Perkembangan FK UNS Berliana Widi Scarvanovi, anak-anak di bawah usia remaja memang tidak disarankan untuk mendengar atau menyanyikan lagu dewasa.

Khususnya, kata dia, lagu bertema percintaan dalam konteks laki-laki dan perempuan.

Secara psikologis, ada tahapan perkembangan mulai dari bayi hingga dewasa tua.

Pada setiap masa perkembangan tersebut, ada target-target dan standar-standar yang harus dicapai.

Anak usia sekian seharusnya diberikan stimulus apa, dapat melakukan apa, optimalisasinya harus di ranah mana, dan sebagainya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X