Kompas.com - 20/04/2021, 08:20 WIB
Dimulai Juli 2021, Ini Skema Aturan Sekolah Tatap Muka KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoDimulai Juli 2021, Ini Skema Aturan Sekolah Tatap Muka
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pengisian daftar periksa (ceklist) kesiapan sekolah merupakan salah satu syarat satuan pendidikan sebelum menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Selain pengisian daftar periksa, tatap muka terbatas juga bisa dilakukan jika semua guru dan tenaga kependidikan sudah mendapatkan vaksin lengkap.

Siswa yang mengikuti tatap muka terbatas juga harus mengantongi izin dari orangtuanya.

Terkait pelaksanaan tatap muka terbatas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut daftar periksa PTM terbatas terlalu panjang.

Hal ini bisa berdampak pada lambannya sekolah mengisi daftar periksa.

"Ini akan menjadi bahan evaluasi agar daftar periksa ke depan dibuat lebih ringkas, padat, efektif, dan efisien," ujar Plt Direktur SMA Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud, Purwadi seperti dikutip dari Ruang Guru PAUD Kemendikbud, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Ingin Dapat Tunjangan Kuliah Rp 36 Juta Per Tahun? Simak Syaratnya

Daftar periksa bisa dipersingkat

Purwadi menegaskan, seharusnya daftar periksa tersebut dipersingkat dan diperpadat.

Kemendikbud beserta pemangku kepentingan perlu duduk bersama terkait banyaknya pertanyaan yang disampaikan dalam daftar periksa.

“Harusnya yang penting-penting saja, sehingga sekolah bisa mengisi dan cepat. Sebab, kalau sering meminta data dari sekolah, datanya panjang lebar, sekolah menjadi malas,” ungkap Purwadi.

Menurut dia, sebagian data yang dipertanyakan dalam daftar periksa sudah ada di dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang sudah diisikan sekolah secara berkala.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X