Kompas.com - 20/04/2021, 07:55 WIB
Ilustrasi sampah organik SHUTTERSTOCKIlustrasi sampah organik
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga bumi tetap lestari yakni melakukan pengelolaan sampah dengan baik.

Meski slogan Reduce (kurangi), Reuse (gunakan kembali), Recycle (daur ulang) atau biasa disebut 3R sudah digaungkan sejak dulu, tapi belum semua lapisan masyarakat bisa menerapkan hal tersebut.

Untuk memberikan wawasan masyarakat terkait pengelolaan sampah, khususnya sampah organik, Dosen Program Studi Teknik Biosistem Institut Teknologi Sumatera (Itera) memberikan pelatihan bagi petani Desa Negeri Sakti, Pesawaran, Lampung dalam mengolah sampah organik menjadi produk Bio-Mol (Mikroorganisme Lokal).

Produk Bio-Mol dapat dimanfaatkan sebagai starter dalam pembuatan pupuk organik padat ataupun cair.

Selain itu Bio-Mol juga dapat dimanfaatkan untuk menetralkan aroma kurang sedap dari kandang sapi di komplek peternakan Mulia Farm yang ada di desa setempat.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Rincian Biaya UKT di Unnes

Dalam pelatihan ini masyarakat diajarkan terkait bagaimana proses pembuatan Bio-Mol, manfaat, dan, kandungan produk tersebut.

Enam dosen Itera yang terlibat dalam kegiatan ini yakni Zunanik Mufidah, Raizummi Fil’aini, Budi Priyonggo, Alvin Fatikhunada, Dwi Cahyani dan Wayan Arya Utari. Kegiatan tersebut juga melibatkan mahasisa Prodi Teknik Biosistem dan Teknik Kimia Itera.

Manfaat sampah organik

Ketua PKM Zunanik Mufidah mengatakan, melalui pelatihan tersebut petani diharapkan dapat memanfaatkan sampah organik dan sampah rumah tangga sebagai produk yang memiliki banyak manfaat, antara lain:

1. Sebagai penyubur tanah dan tanaman

2. Sebagai starter dalam pembuatan pupuk kendang pengganti EM4

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X