Kompas.com - 19/04/2021, 20:06 WIB

KOMPAS.com - Di era transformasi digital, semua lini bisnis kini dilandasi oleh data. Menguasai ilmu data science dapat menjadi nilai lebih saat mencari pekerjaan maupun saat akan mengembangkan karier.

Guna membekali lebih banyak generasi muda dalam mengarungi era transformasi digital yang didominasi oleh data, DQLab.id yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Xeratic mengusung program beasiswa belajar Data Science secara intensif untuk memberikan pemahaman ilmu data science secara mendalam.

Program beasiswa ini merupakan bentuk kerja sama antar DQLab dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Program Beasiswa Pelatihan dan Sertifikasi pada Professional Academy Digital Talent Scholarship.

Baca juga: Pendaftaran STAN 2021 Dibuka, Ini Syarat Nilai Minimal UTBK 2021

Melalui Program Professional Academy, Peserta akan belajar secara mandiri secara daring atau online, di mana peserta dapat mengatur waktu belajar secara mandiri sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Program Data Engineer, Data Scientist dan Data Analyst

Program beasiswa yang ditawarkan adalah pelatihan untuk profesi Data Engineer, Data Scientist dan juga Data Analyst.

“Dalam era informasi saat ini, “data is the new oil”. Ini berarti bahwa data yang diolah menjadi informasi menjadi harta karun yang sangat bernilai strategis untuk pengambilan keputusan dalam bisnis. Untuk itu, data science menjadi skill yang sangat penting," tutur Andrey Andoko, Wakil Rektorat Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UMN dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Sementara itu, Founder of Xeratic Feris Thia mengatakan pihaknya merasa beruntung bisa bekerja sama dengan Kominfo untuk mengadakan pelatihan digital untuk Data Engineer dan Data Science, dua profesi yang semakin penting di seluruh dunia saat ini.

Baca juga: Syarat Daftar Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

"Terutama pada saat masa-masa krisis seperti pandemi di mana semua keputusan harus berdasarkan data. Contoh paling nyata adalah pemberian vaksin, yang proses rilisnya semuanya harus berdasarkan data. Semoga dengan kontribusi kami ini bisa berdampak besar ke masa depan teman-teman yang lolos seleksi," ujar Feris.

Belajar gratis dan mendapatkan sertifikat

Program Beasiswa Pelatihan dan Sertifikasi pada Professional Academy bertujuan untuk meningkatkan serta mempersiapkan alih kompetensi SDM Indonesia dengan cara memberikan pelatihan secara online kepada masyarakat yang sedang bekerja agar tercipta tenaga kerja Indonesia yang lebih adaptif dan produktif.

Selain itu, Professional Academy juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas daya saing sumber daya manusia di bidang IT.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.