Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2021, 20:06 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Di era transformasi digital, semua lini bisnis kini dilandasi oleh data. Menguasai ilmu data science dapat menjadi nilai lebih saat mencari pekerjaan maupun saat akan mengembangkan karier.

Guna membekali lebih banyak generasi muda dalam mengarungi era transformasi digital yang didominasi oleh data, DQLab.id yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Xeratic mengusung program beasiswa belajar Data Science secara intensif untuk memberikan pemahaman ilmu data science secara mendalam.

Program beasiswa ini merupakan bentuk kerja sama antar DQLab dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Program Beasiswa Pelatihan dan Sertifikasi pada Professional Academy Digital Talent Scholarship.

Baca juga: Pendaftaran STAN 2021 Dibuka, Ini Syarat Nilai Minimal UTBK 2021

Melalui Program Professional Academy, Peserta akan belajar secara mandiri secara daring atau online, di mana peserta dapat mengatur waktu belajar secara mandiri sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Program Data Engineer, Data Scientist dan Data Analyst

Program beasiswa yang ditawarkan adalah pelatihan untuk profesi Data Engineer, Data Scientist dan juga Data Analyst.

“Dalam era informasi saat ini, “data is the new oil”. Ini berarti bahwa data yang diolah menjadi informasi menjadi harta karun yang sangat bernilai strategis untuk pengambilan keputusan dalam bisnis. Untuk itu, data science menjadi skill yang sangat penting," tutur Andrey Andoko, Wakil Rektorat Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UMN dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Sementara itu, Founder of Xeratic Feris Thia mengatakan pihaknya merasa beruntung bisa bekerja sama dengan Kominfo untuk mengadakan pelatihan digital untuk Data Engineer dan Data Science, dua profesi yang semakin penting di seluruh dunia saat ini.

Baca juga: Syarat Daftar Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

"Terutama pada saat masa-masa krisis seperti pandemi di mana semua keputusan harus berdasarkan data. Contoh paling nyata adalah pemberian vaksin, yang proses rilisnya semuanya harus berdasarkan data. Semoga dengan kontribusi kami ini bisa berdampak besar ke masa depan teman-teman yang lolos seleksi," ujar Feris.

Belajar gratis dan mendapatkan sertifikat

Program Beasiswa Pelatihan dan Sertifikasi pada Professional Academy bertujuan untuk meningkatkan serta mempersiapkan alih kompetensi SDM Indonesia dengan cara memberikan pelatihan secara online kepada masyarakat yang sedang bekerja agar tercipta tenaga kerja Indonesia yang lebih adaptif dan produktif.

Selain itu, Professional Academy juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas daya saing sumber daya manusia di bidang IT.

Termasuk meningkatkan kebutuhan Sumber Daya Manusia yang “melek data” mendorong generasi muda untuk memahami serta menjadikan data sebagai salah satu fondasi untuk menjalani era transformasi digital.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Lulusan SMA/SMK-S1

Dengan demikian, melalui program beasiswa ini akan menciptakan insan yang memiliki kualitas daya saing SDM dalam bidang IT.

Keuntungan yang akan didapatkan dengan mengikuti program beasiswa yang diinisiasi oleh DQLab dan Kominfo adalah seluruh partisipan akan mendapatkan sertifikat sebagai bekal untuk melanjutkan karier di industri untuk hadapi studi kasus nyata.

Pelatihan ini akan dibawakan secara daring melalui modul interaktif DQLab dan sesi mentoring bersama praktisi data di Industri. Peserta yang berhasil menyelesaikan program akan mendapatkan certificate of completion dan certificate of competence lewat proyek data menantang.

Selain itu, partisipan akan mendapatkan kesempatan belajar gratis untuk menikmati semua materi yang tersedia pada DQLab.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

Dengan demikian, Program Beasiswa ini membuka kesempatan untuk seluruh partisipan dalam membangun networking dengan para senior praktisi data. Hasilkan pula portofolio data yang beragam dari berbagai macam studi kasus industri untuk persiapkan diri kamu memulai karier di industri.

Registrasi program beasiswa ini terbuka sampai dengan 28 Februari 2021. Daftarkan dirimu segera disini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com