Kompas.com - 19/04/2021, 14:15 WIB
Dosen Tangkap layar Youtube REFO IndonesiaDosen
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Saat satuan pendidikan melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, perlu dilengkapi adanya Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di sekolah.

Satgas Covid-19 ini tidak hanya terdiri dari guru dan karyawan sekolah saja. Tapi juga melibatkan orangtua dan murid.

Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Bayu Satria Wiratama mengatakan, dalam melaksanakan tatap muka terbatas, hal paling penting yang perlu disiapkan adalah adanya Satgas Covid-19.

Menurut Bayu, Satgas Covid-19 perlu ada di sekolah karena guru dan kepala sekolah tidak cukup untuk mengawasi para murid di dalam dan di luar sekolah.

Baca juga: Linindo Pacific International Buka Lowongan Kerja D3-S1 Fresh Graduate

Pentingnya Satgas Covid-19 dibentuk di sekolah

Sehingga, Satgas Covid-19 sekolah ini perlu bantuan elemen sekolah. Termasuk orangtua murid untuk mengawasi protokol kesehatan di dalam dan di luar sekolah.

"Protokol kesehatan siswa, tidak hanya diawasi saat di sekolah. Tapi juga di luar sekolah. Apalagi pembelajaran di tengah pandemi, siswa harus menjaga protokol kesehatan," kata Bayu Satria Wiratama dalam diskusi yang diadakan REFO Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Senin (19/4/2021).

Dalam hal ini, lanjut Bayu, peran orangtua di Satgas Covid-19 menjadi sangat penting.

Pasalnya orangtua yang bisa mengingatkan anak-anak, khususnya saat berada di luar sekolah, agar tidak berkumpul dengan teman-temannya dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Orangtua bisa mengingatkan anaknya, jika masih ingin pergi ke sekolah ya harus disiplin melakukan protokol kesehatan baik di dalam maupun saat di luar sekolah," ungkap epidemiologi UGM ini.

Baca juga: Trakindo Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1 Fresh Graduate

Bayu menegaskan, jika ada siswa yang tidak patuh dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal ini bisa berimbas ke siswa lainnya. Baik siswa satu sekolah atau bahkan satu sekolah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X