Kompas.com - 18/04/2021, 12:40 WIB
IPB University Dok. IPBIPB University

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) University memiliki beberapa jalur seleksi mandiri, salah satunya adalah Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK).

Pada awal dimulainya, seleksi calon mahasiswa jalur UTMBK dilakukan dengan dua pilihan metode seleksi, yaitu seleksi menggunakan ujian tulis berbasis komputer yang dilaksanakan oleh IPB dan menggunakan skor UTBK yang diselenggarakan LTMPT.

Seleksi menggunakan skor UTBK LTMPT terpaksa ditiadakan pada tahun 2020 karena adanya pandemi Covid-19 yang pengumuman hasilnya menjelang perkuliahan dimulai dan tidak memungkinkan lagi menggunakan skornya karena waktu yang terbatas.

Demikian halnya ujian tulis secara onsite juga tidak dapat dilakukan. Sebagai gantinya pada tahun 2020 UTMBK dilaksanakan secara “online” dari rumah masing-masing.

Untuk tahun 2021, UTMBK kembali akan dilaksanakan menggunakan dua metode seleksi, yaitu berdasar hasil “UTMBK online” IPB dan berdasar hasil skor UTBK LTMPT.

Baca juga: Tertarik Seleksi Mandiri, Beberapa Tips Ini Perlu Disimak

Peserta bisa memilih salah satunya apakah menggunakan skor UTBK LTMPT atau mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer IPB yang dilaksanakan secara “online” dari rumah masing-masing, atau bisa mendaftar keduanya. Jika peserta mendaftar keduanya, maka seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai terbaik yang diperoleh.

Perangkat yang harus disiapkan peserta

1. Komputer (PC) atau laptop sebagai perangkat utama, yang terhubung ke internet dengan kualitas koneksi yang stabil.

2. Menggunakan sistem operasi minimal Windows 7 atau Mac, dan telah terinstall browser Google Chrome atau Firefox.

3. Handphone yang mampu menangkap gambar (foto) dan video, serta sudah terinstall aplikasi LINE untuk keperluan komunikasi dan pengawasan saat ujian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X