Kompas.com - 16/04/2021, 15:16 WIB
Peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) penyandang disabilitas mengikuti tes di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tangkap layar dokumen Humas UNYPeserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) penyandang disabilitas mengikuti tes di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Selama pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), tak hanya calon mahasiswa reguler saja yang mengikuti tes. Calon mahasiswa berkebutuhan khusus pun tetap bersemangat mengikuti tes di sejumlah Pusat UTBK.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), UTBK gelombang 1 sudah dilaksanakan sejak 12 April hingga 18 April 2021 mendatang.

Bagi peserta berkebutuhan khusus yang mengikuti tes di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan ditempatkan di Ruang Digital Library lantai 3.

Ruangan ini digunakan peserta UTBK penyandang difabel tuna netra. Ketua KLA PMB UNY Setya Raharja mengatakan, dengan dibimbing panitia, satu per satu peserta UTBK penyandang tuna netra memasuki Gedung Digital Library UPT Perpustakaan untuk mengikuti ujian pada sesi 7.

Baca juga: Gunakan Kursi Roda, Chantika Tetap Semangat Ikuti UTBK di Undip

UNY fasilitasi peserta UTBK difabel

Keterbatasan bukanlah menjadi halangan seseorang untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi.

Walau terbatas dalam penglihatan, peserta UTBK penyandang tuna netra yakin bisa mewujudkan impiannya menempuh pendidikan di jenjang sarjana.

“Terdapat 5 peserta tuna netra yang mengikuti UTBK di UNY. Hal ini karena UNY merupakan salah satu Pusat UTBK yang memiliki sarana dan kemampuan pendampingan, sehingga dapat menyelenggarakan ujian dengan baik,” kata Setya Raharja dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Setya menerangkan, UNY menjadi kampus yang humanis, peserta difabel pasti dilayani dengan baik.

Hal ini sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pendidikan yaitu pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif.

Seperti pada pelaksanaan UTBK, semua pasti akan dilayani dengan baik, tidak membeda-bedakan apakah difabel atau tidak.

Baca juga: Peserta UTBK Tak Bawa Hasil Covid-19, UGM Sediakan Tes GeNose

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X