Kompas.com - 16/04/2021, 14:15 WIB
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Gadjah Mada (UGM). UTBK di UGM ini dilaksanakan dalam dua gelombang. (Foto Dokumentasi Humas UGM) KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMAPelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Gadjah Mada (UGM). UTBK di UGM ini dilaksanakan dalam dua gelombang. (Foto Dokumentasi Humas UGM)
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 telah berjalan di gelombang 1, yakni 12-18 April 2021. Sedangkan gelombang 2 akan digelar 26 April sampai 4 Mei 2021.

Pelaksanaan UTBK di tahun ini terasa berbeda, karena sebagian besar pelaksanaan UTBK bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan.

Baca juga: 10 Tips Sukses Jalani Tes UTBK Saat Puasa Ramadhan

Untuk mengikuti ujian saat puasa, pastinya membutuhkan mental maupun fisik yang kuat.

Maka dari itu, ada beberapa tips mengerjakan UTBK saat puasa, agar berjalan lancar dan aman. Tips itu datang dari Dosen Fakultas Ilmu Olahraga Unesa, Muchamad Arif Al Ardha.

Menurut dia, secara kesehatan, maka fisik yang prima perlu disiapkan secara matang menjelang ujian.

Salah satunya, kata dia, memenuhi asupan tubuh dengan makanan bergizi seimbang yang memenuhi beberapa unsur.

"Seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan cairan," kata dia melansir laman Unesa, Jumat (16/4/2021).

Dia menuturkan, ada tiga pedoman dalam memenuhi kebutuhan gizi yang baik untuk tubuh, misalnya bahan makanan berasal dari sumber yang beragam. Maksudnya, sesuai dengan kebutuhan, tidak lebih dan tidak kurang.

Bergizi dan sehat, sebut dia, berarti bahan makanan harus dalam kondisi baik serta aman dari bahan-bahan yang dapat membahayakan kondisi tubuh, seperti pengawet dan juga pemanis buatan.

Hindari dehidrasi

Untuk menghindari dehidrasi, maka peserta UTBK perlu menjalankan beberapa hal, seperti memenuhi kebutuhan air minum yang cukup.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X