Kompas.com - 15/04/2021, 18:22 WIB
Nadiem saat mengunjungi SMPN 14 Kab.Sorong DOK.KemendikbudNadiem saat mengunjungi SMPN 14 Kab.Sorong
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajak semua guru di Indonesia untuk mengikuti program Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (PembaTIK) 2021.

Langkah itu dilakukan, demi meningkatkan kemampuan guru dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Baca juga: Mendikbud: Kami Berduka Atas Gugurnya Dua Guru di Papua

Mendikbud, Nadiem Makarim mengatakan, guru yang memiliki kemampuan potensi dalam bidang TIK, maka bisa memajukan pendidikan di Indonesia.

"Guru yang maksimalkan potensi diri dalam memanfaatkan TIK, maka menjadi kriteria penting. Guru sebagai garda terdepan untuk memajukan pendidikan di Indonesia," ucap dia melansir lamn Kemendikbud, Kamis (15/4/2021).

Lewat program PembaTIK, lanjut Mendikbud, guru-guru dapat menyinergikan seluruh kebijakan Kemendikbud Merdeka Belajar seperti Guru Penggerak, digitalisasi sekolah dan juga bantuan kuota data internet.

"Digitalisasi sekolah sebagai salah satu prioritas dari merdeka belajar melalui pengembangan platform pendidikan nasional berbasis teknologi dan pembangunan infrastruktur kelas atau sekolah masa depan," ucap dia.

Dia mencontohkan, pandemi Covid 19 membuktikan betapa besarnya peran teknologi dalam memastikan para siswa tetap memperoleh pendidikan saat belajar tatap muka tidak mungkin dilakukan.

Untuk itu, lanjut Mendikbud, semua harus siap menjalankan belajar tatap muka terbatas yang mengharuskan sekolah menyediakan layanan pendidikan secara luar jaringan (luring) maupun dalam jaringan (daring).

Baca juga: Mendikbud Bidik 20 Ribu Peserta Ikuti Pertukaran Mahasiswa

Pemerintah menyadari pentingnya peningkatan literasi digital, sehingga fasilitas dan infrastruktur teknologi yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal dan strategis.

"Oleh karena itu kami terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru-guru di Indonesia tentang pemanfaatan teknologi dengan menyelenggarakan peningkatan kompetensi TIK atau PembaTIK," tegas Mendikbud.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X