Kompas.com - 15/04/2021, 17:50 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020). Rapat tersebut membahas tentang anggaran tahun 2020. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj. ANTARA FOTO/Rivan Awal LinggaMendikbud Nadiem Makarim (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020). Rapat tersebut membahas tentang anggaran tahun 2020. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pengamat Pendidikan Itje Chodidjah mengaku kebijakan yang dikeluarkan Mendikbud Nadiem Makarim sudah tepat untuk tata kelola pendidikan nasional.

Padahal, Itje yang telah berkecimpung selama 40 tahun menjadi pendidik selalu menghembuskan kritik yang diarahkan ke tata kelola pendidikan nasonal. karena, selalu ada yang kurang atau beres.

Baca juga: Kemendikbud: Pancasila dan Bahasa Indonesia Masih Mata Kuliah Wajib

"Sekarang kebijakan yang dimunculkan Mas Menteri (Nadiem Makarim) membuat saya adem. Memang yang dilakukan Kemendikbud era Nadiem tidak akan satu kali jadi. Pasti ada tantangan. Tapi, saya melihat cahaya di ujungnya," ucap dia dalam keterangan resminya, Kamis (15/4/2021).

Dia mencontohkan, program Guru Penggerak yang merupakan salah satu episode Kebijakan Merdeka Belajar yang digagas Nadiem.

Program itu dinilai sangat melegakan para guru dan pendidik di seluruh Indonesia.

"Keberadaan Program Guru Penggerak mampu menguatkan dan melembagakan aktivitas guru-guru yang semula berjalan sendirian," sebut dia.

Menurut Itje, bisa dibayangkan peranan dan dampak positif yang akan dihasilkan dari aktivitas ribuan guru penggerak yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Sebagai pelatih guru, bagi saya ini betul-betul program unggulan," ujarnya.

Sebagai catatan, Kemendikbud telah meluncurkan Program Guru Penggerak sejak tahun lalu.

Baca juga: Kemenristek Gabung ke Kemendikbud, Nadiem Makarim Makin Dipercaya

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X