Kompas.com - 15/04/2021, 11:06 WIB
Ilustrasi buka puasa bersama SHUTTERSTOCK/Odua ImagesIlustrasi buka puasa bersama

KOMPAS.com - Sama seperti Ramadan tahun sebelumnya. Umat muslim masih harus menjalani puasa di tengah pandemi Covid-19. Seraya beribadah, menjaga daya tahan tubuh harus terus dilakukan demi kesehatan.

Agar terus sehat dan daya tahan tubuh kuat selama berpuasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pakar Gizi dan Kesehatan Universitas Gadjah Mada (UGM), Dwi Budiningsari menjelaskan berpuasa selama Ramadan akan memaksa tubuh menggunakan simpanan gula dan lemak.

Untuk menghemat energi ini, maka tubuh akan banyak mendaur ulang sel imun yang sudah tua dan yang rusak. Termasuk sel darah putih yang akan digantikan dengan sel darah putih yang baru yang lebih cepat dan efisien untuk melawan infeksi virus, bakteri dan penyakit lainnya.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

“Di sini penting penting untuk mengoptimalkan kualitas makanan khususnya saat sahur,” papar Dwi dilansir dari laman resmi ugm.ac.id.

 

Menurutnya, ketika sahur jangan lupa untuk memperhatikan pedoman gizi seimbang. Namun, apa saja gizi seimbang yang harus diperhatikan? Berikut daftarnya:

Perhatikan asupan makanan pokok

Ia menjelaskan, asupan makanan pokok berupa karbohidrat seperti nasi dan kentang, serta kaya serat seperti sayuran seperti bayam, kangkung dan wortel, harus ada di dalam piring untuk memenuhi gizi harian.

Jangan lupa protein

Tak hanya karbohidrat dan serat saja yang jarus terpenuhi. Tubuh juga memerlukan sumber protein baik dari sumber nabati maupun hewani dan buah-buahan. Konsumsi tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan gizi tubuh.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Apa saja sumber protein tersebut? Bisa dari produk olahan ayam seperti telur dan daging, olahan sapi berupa susu dan daging, lalu protein nabati dari tempe atau tahu. Termasuk buah-buahan, juga memiliki protein yang baik bagi tubuh.

Minum air putih sebanyak 2 liter sehari

Dwi juga menyampaikan beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga puasa berjalan dengan lancar seperti menjaga asupan minum sebanyak 2 liter atau setara dengan 8-9 gelas.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X