Kompas.com - 14/04/2021, 20:15 WIB
Ilustrasi radikalisme ShutterstockIlustrasi radikalisme
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebagai calon penerus bangsa, generasi muda perlu memiliki rasa nasionalisme.

Untuk membentengi mahasiswa dari faham radikalisme, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara DIY merapatkan barisan untuk menangkal faham yang menimbulkan maraknya aksi terorisme di negeri ini.

BEM Nusantara DIY mengecam dan menolak keras segala aksi intoleran yang sudah dilakukan individu atau kelompok karena sangat meresahkan.

Aksi ini juga mengancam stabilitas nasional dan keutuhan NKRI.

Jadi Duta Anti Terorisme

Guna mencegah aksi terorisme terulang kembali, BEM Nusantara DIY mengambil langkah antisipatif dengan menginisiasi lahirnya Rumah Kebangsaan yang akan menjadi Duta Anti Terorisme Mahasiswa di Yogyakarta.

Baca juga: Lowongan Kerja Dosen Universitas Padjadjaran 2021, Simak Infonya

Agenda ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan membangun sinergisitas antara seluruh mahasiswa di Yogyakarta.

Koordinator Pusat (Korpus) BEM Nusantara Dimas Prayoga mengatakan, faham radikalisme yang mulai muncul kembali harus diwaspadai. Dalam memerangi terorisme, Pancasila harus kembali menjadi pegangan yang kuat.

"Apalagi untuk anak muda, khususnya mahasiswa, sangat rentan terpapar faham radikal. Ini yang mendasari kami menggulirkan Rumah Kebangsaan Duta Anti Terorisme Mahasiswa Yogyakarta," ujar Dimas Prayoga dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/4/2021).

Koordinator Daerah (Korda) BEM Nusantara DIY Achmad Mubarok menambahkan, pihaknya siap bermitra dengan semua elemen bangsa demi kebaikan rakyat Indonesia.

Selain itu pihaknya juga siap membentengi almamater dan mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Yogyakarta dari faham radikal dan terorisme.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X