Kompas.com - 14/04/2021, 12:10 WIB
Ilustrasi buka puasa bersama SHUTTERSTOCK/Odua ImagesIlustrasi buka puasa bersama
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan kali ini, umat muslim di dunia masih menjalankan ibadah puasa dalam kondisi pandemi Covid-19.

Selain harus menahan rasa lapar dan haus saat berpuasa, daya tahan tubuh juga terus dijaga agar tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: Perpustakaan Menguatkan Literasi Kesehatan di Era Pandemi

Untuk menjaga daya tahan tubuh selama menjalankan puasa, Pakar Gizi dan Kesehatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Dwi Budiningsari memberikan sejumlah tips.

Dwi mengatakan, berpuasa selama bulan Ramadhan akan memaksa tubuh menggunakan simpanan gula dan lemak.

Menurut dia, untuk menghemat energi, tubuh akan banyak mendaur ulang sel imun yang sudah tua dan rusak. Termasuk sel darah putih yang akan digantikan dengan sel darah putih baru.

Dengan regenerasi sel darah putih ini, tubuh lebih cepat dan efisien untuk melawan infeksi virus, bakteri dan penyakit lainnya.

“Di sini penting untuk mengoptimalkan kualitas makanan khususnya saat sahur,” kata Dwi seperti dikutip dari laman ugm.ac.id, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Perpustakaan Menguatkan Literasi Kesehatan di Era Pandemi

Perhatikan gizi seimbang saat sahur

Dwi mengungkapkan, bagi yang menjalankan puasa, saat sahur jangan lupa untuk memperhatikan pedoman gizi seimbang.

Yaitu makanan pokok sebagai berikut:

1. Nasi dan kentang

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X