Kompas.com - 13/04/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi obesitas ShuterstockIlustrasi obesitas

KOMPAS.com - Kelebihan berat badan hingga obesitas memang tidak enak. Selain susah bergerak, kadang kala penderita obesitas bisa mengalami beberapa penyakit yang cukup mengganggu.

Mulai asam urat, sesak nafas, hingga bisa mengalami stroke jika tidak bisa mengontrol berat badan dan tidak memperhatikan asupan gizi sehat.

Namun selain itu, kelebihan berat badan berpotensi menurunkan imun tubuh dan mudah terserang Covid-19.

Hal ini, dijelaskan langsung oleh alumni Program Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) Noer Saudah.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Ia menyatakan obesitas dapat menurunkan sistem imunitas tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada kekebalan dalam melawan infeksi termasuk Covid-19 dan menyebabkan kerentanan terhadap virus tersebut.

Menurut Saudah, era pandemi seperti ini perlu menjaga kondisi metabolisme untuk mencegah kematian akibat Covid-19. Utamanya bagi seseorang yang mengalami obesitas.

Berat badan yang berlebih menyebabkan penumpukan sel-sel lemak di dalam tubuh. Sel-sel lemak yang menumpuk meningkatkan inflamasi atau peradangan sehingga membuat penyakit lebih mudah masuk.

Kemudian, orang dengan sindrom metabolik seperti obesitas, akan terjadi resistensi insulin, gangguan toleransi glukosa, dan berakhir pada diabetes.

“Dari sudut pandang metabolik, obesitas dapat menyebabkan resistensi insulin dan penurunan fungsi sel beta pankreas. Kedua hal tersebut akan membatasi respons metabolik saat tubuh mengalami tantangan imunitas, ' ujarnya, dilansir dari laman unair.ac.id.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Covid-19 secara langsung dapat mengganggu fungsi sel beta pankreas melalui interaksinya dengan angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X