Kompas.com - 13/04/2021, 14:54 WIB
Ilustrasi mahasiswa lulus kuliah. ShutterstockIlustrasi mahasiswa lulus kuliah.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Berhasil merampungkan studi doktor lewat program Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU), Bramantyo Airlangga menjadi satu dari empat lulusan doktor terbaik di Wisuda ke-123 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Dengan torehan IPK 4,00 dalam masa studi lima semester, mahasiswa Teknik Kimia ini dianugerahi sebagai lulusan dengan predikat cumlaude.

Baca juga: Usia 20 Tahun, Mahasiswa ITS Ini Sudah Peroleh Gelar Sarjana

Bram menceritakan, dia berhasil melakukan lima publika selama kuliah. Dua diantaranya merupakan jurnal terindeks Scopus dan tiga lainnya merupakan prosiding seminar.

Dalam jurnalnya, dia cenderung mengangkat soal teknologi proses di industri pangan.

Tidak heran, Bram memilih topik disertasi sejenis yang bertajuk Degradasi Struktur Pati Singkong dengan Metode High Intensity Energy Method untuk Aplikasi pada Industri Pangan.

Dalam merampungkan disertasinya, Bram mendapat dukungan dari dua dosen promotor yakni Sumarno dan Juwari.

Kedua promotor tersebut sukses membantu Bram dalam memperjuangkan jalannya menuntaskan program PMDSU yang ia ambil.

"Berkat keduanya, saya mampu mengatasi keterbatasan yang saya miliki sehingga mampu meraih doktor di usia muda," ungkap doktor kelahiran 1993 ini, seperti melansir laman ITS, Selasa (13/4/2021).

Tidak sekadar itu, berkat dosen promotornya, Bram berhasil mengikuti program exchange Sakura Science Program di Nagoya University, Jepang awal 2020 lalu.

Sepekan di sana, dia berkesempatan mencicipi teknologi di kampus itu dengan melakukan beberapa eksperimen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X