Kompas.com - 13/04/2021, 12:18 WIB
Undip KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAUndip
|
Editor Dian Ihsan

 

KOMPAS.com - Semua satuan pendidikan di tiap jenjang saat ini mulai mempersiapkan skema terbaik untuk melaksakan kuliah tatap muka.

Hal ini dilakukan berkat dorongan pemerintah khususnya setelah terbit Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri belum lama ini.

Saat ini, Universitas Diponegoro (Undip) sedang mematangkan skenario pelaksanaan kuliah tatap muka yang kemungkinan akan dilaksanakan Juli 2021 mendatang.

Langkah pematangan kuliah tatap muka ini perlu dilakukan untuk meminimalisasi risiko yang mungkin muncul dari kegiatan tersebut.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip Prof. Budi Setiyono mengatakan, kemungkinan memang perkuliahan tatap muka (PTM) akan dilaksanakan pada Juli 2021 mendatang.

"Undip masih menunggu detail petunjuk pelaksanaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)," kata Budi seperti dikutip dari laman undip.ac.id, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Dua Peserta Difabel Ikut UTBK di Universitas Brawijaya

Matangkan rencana kuliah tatap muka

Menurut Budi, ada hal-hal untuk mendukung pelaksanaan kuliah tatap muka perlu diiventarisasi dan dikaji lebih dalam.

Saat ini para pimpinan universitas juga tengah mendiskusikan beberapa skenario pelaksanaan kuliah tatap muka dengan fakultas dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa).

Proses tersebut merupakan hal yang penting sebagai antisipasi munculnya hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan kuliah tatap muka. Bagaimanapun saat ini pandemi Covid-19 masih terjadi.

"Kita masih membicarakan hal tersebut, baik itu di struktural UNDIP, senat akademik, Pemerintah Kota Semarang dan Pemerintah Provinsi Jateng," ucap Budi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X