Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta UTBK 2021, Diharap Cek Lokasi agar Tak seperti Kejadian Ini

Kompas.com - 13/04/2021, 10:48 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Ada satu cerita memilukan saat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 di Pusat UTBK Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Pada pelaksanaan UTBK hari pertama, Senin (12/4/2021) kemari, ada satu kejadian yang bisa menjadi pelajaran bagi calon peserta UTBK SBMPTN 2021 yang lain.

Melansir laman Unesa, pada UTBK sesi pertama yang seharusnya diikuti sebanyak 550 orang itu, ada satu peserta yang terlambat.

Menurut Ketua Satuan Admisi UTBK Unesa Dr. Sukarmin, alasan keterlambatan satu peserta itu membuat dia terharu.

Baca juga: Hari Pertama Lancar, Total Peserta di Pusat UTBK UNS 22.385 Orang

Satu peserta salah kampus

Pasalnya, satu peserta yang tak mau disebutkan namanya itu salah datang ke kampus. Bukannya di Unesa Lidah Wetan, peserta itu justru ke kampus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA).

"Dia salah lokasi, dan sampai di UINSA peserta ini kan menunggu, tapi tidak bertanya ke orang-orang sekitar," ujar Sukarmin.

"Karena tidak melihat tanda-tanda ada ujian, dia bertanya ke petugas UINSA dan ternyata dia salah kampus dan lokasi ujiannya di Unesa Lidah Wetan," terangnya.

Sukarmin menjelaskan, jarak antara kampus UINSA dan Unesa cukup panjang. Karena itulah dia terlambat dan terpaksa tidak bisa mengikuti ujian.

Sebab, sesuai aturan, toleransi keterlambatan peserta UTBK maksimal 30 menit setelah ujian dimulai. Jika lebih dari itu, maka peserta tidak diperbolehkan untuk mengikuti ujian.

"Mendengar perjalanannya yang panjang dan perjuangan peserta ini, kami terharu, tapi bagaimana lagi, ini sudah aturan dari pusat," imbuhnya.

Harus cek dulu lokasi ujian

Sukarmin menegaskan bahwa untuk mengantisipasi keterlambatan dan peserta salah lokasi ujian, pihaknya sudah mewanti-wanti kepada peserta agar sebisa mungkin mengecek dulu lokasi ujian.

Tentu bisa secara daring (barcode denah). Selain itu, peserta juga wajib hadir 45 menit bahkan 1 jam sebelum pelaksanan UTBK 2021.

Di kartu tanda peserta UTBK tertulis dengan tanda merah himbauan untuk mengecek lokasi dan hadir lebih awal di lokasi ujian.

Semua itu agar peserta bisa mengetahuinya dan bisa mengantisipasi keterlambatan dan salah lokasi.

Baca juga: 5 Tips Saat Ikut UTBK di Bulan Ramadhan

Untuk mengantisipasi keterlambatan bisa hadir lebih pagi tentu akan lebih baik dan lebih santai, tidak terburu-buru, sehingga bisa tenang saat ujian.

"Semoga ini tidak terjadi lagi pada peserta yang berikutnya. Peserta bisa cek dulu lokasi sebelum ujian berlangsung," tegasnya.

Tak hanya itu saja, di Unesa juga ada beberapa peserta UTBK yang tidak hadir di lokasi tanpa keterangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com