Kompas.com - 13/04/2021, 10:46 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim Dok. KemendikbudMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke dalam tubuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dinilai menjadi bukti bahwa Nadiem Makarim semakin dipercaya Presiden Jokowi.

Dengan latar belakang konsultan manajemen dan riset serta pendiri perusahaan teknologi, Nadiem sebagai menteri yang mengusung konsep Merdeka Belajar dianggap mampu membawa perubahan di bidang pendidikan, kebudayaan, dan penelitian.

Baca juga: Mendikbud: Sekolah Tatap Muka Tidak Bisa Digantikan

Pengamat pendidikan Ina Liem mengatakan, tren ekonomi ke depan harus berbasis inovasi sehingga pendidikan juga perlu diarahkan ke sana.

Terlebih lagi, kata dia, sebagian besar riset juga telah dijalankan di perguruan tinggi.

"Ini sudah langkah tepat. Peleburan ini juga berarti riset dan inovasi dibiasakan dilakukan sebelum pendidikan tinggi," ucap Liem dalam keterangannya, Selasa (13/4/2021).

Dia mengaku, Merdeka Belajar merupakan konsep transformasi yang memberikan cara baru dalam peningkatan kualitas pendidikan mulai usia dini, menengah, hingga pendidikan tinggi.

Bagi murid dan mahasiswa, konsep Merdeka Belajar mendorong mereka lebih kreatif, berkarakter, berwawasan luas, nasionalisme yang kuat, serta cepat mengakses ilmu pengetahuan.

Menurut Ina Liem, kepribadian anak-anak saat ini terbagi menjadi tipe konseptor dan pekerja.

Saat ini adalah waktunya kedua karakter tersebut bekerja sama dan difasilitasi dunia pendidikan.

Sebagai contoh, di Belanda terdapat 41 universitas yang fokus pada program terapan dan 14 riset.

Baca juga: Mendikbud Tegaskan Kuota Sekolah Tatap Muka Hanya 50 Persen

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X