KILAS

Kemdikbud Akui Gedung Konstruksi Bengkel Poltera Jadi yang Tercanggih di Indonesia

Kompas.com - 12/04/2021, 16:34 WIB
Dokumentasi Peresmian Gedung Bengkel Konstruksi POLTERA di Komplek Kampus POLTERA pada Jumat (9/4/2021). Dok. Humas KemendikbudDokumentasi Peresmian Gedung Bengkel Konstruksi POLTERA di Komplek Kampus POLTERA pada Jumat (9/4/2021).

KOMPAS.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto mengatakan gedung Konstruksi Bengkel Politeknik Negeri Madura (Poltera) adalah yang tercanggih di Indonesia.

Pasalnya di gedung itu ada laboratorium augmented reality welding atau simulator las, alat canggih yang langka di Indonesia.

“Di Kampus Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) saja tidak punya pak, akan tetapi Poltera memiliki alat semewah dan secanggih ini,” kata Wikan, saat meresmikan Gedung Konstruksi Bengkel Polteradi di Komplek Kampus Polterapada Jumat (9/4/2021).

Menurutnya, laboratorium augmented reality welding tersebut dapat melatih ratusan mahasiswa untuk belajar las tanpa harus mengelas, karena semua dikerjakan dengan komputer atau computerize.

Dalam sambutannya, Wikan menegaskan pula bahwa pendidikan merupakan investasi yang sangat strategis sehingga harus dilakukan dengan benar.

Baca juga: Kemendikbud Siapkan 12.000 Sertifikasi Kompetensi bagi Mahasiswa Vokasi

“Jangan hanya menciptakan lulusan yang berbekal ijazah. Itu adalah paradigma lama, sekarang harus lebih ke kompetensi, aku bisa ini, bukan aku belajar ini,” tegasnya dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (12/4/2021).

Wikan mengaku pihaknya menantikan terobosan baru yang akan dilakukan Poltera, terutama untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda) demi meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sampang.

Salah satunya adalah dengan mengembangkan program Diploma Tiga (D3) ke Diploma Empat (D4).

Baca juga: 10 Politeknik Milik Kemenperin Buka Pendaftaran, Subsidi Biaya Kuliah

Ia juga berharap agar Poltera membuka Diploma Dua (D2) Teknik Pengelasan Logam. Program ini diharapkan bisa berkolaborasi dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan mitra dunia usaha dan dunia industri setempat.

“SMK yang ada dikawinkan dengan D2, kuliahnya cuma satu semester dan satu tahun untuk praktik kerja industri, lulus dapat ijazah D2,” tutur Wikan.

Pemotongan pita dalam acara peresmian gedung bengkel konstruksi POLTERA di Komplek Kampus POLTERA pada Jumat (9/4/2021).Dok. Humas Kemendikbud Pemotongan pita dalam acara peresmian gedung bengkel konstruksi POLTERA di Komplek Kampus POLTERA pada Jumat (9/4/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X