Kompas.com - 12/04/2021, 16:09 WIB
Logo Universitas Padjajaran. UNPADLogo Universitas Padjajaran.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Padjajaran (Unpad) kedatangan lima Guru Besar baru. Kelimanya akan memperoleh gelar Profesor.

Penyerahan keputusan Mendikbud RI tentang kenaikan jabatan Akademik/Fungsional Dosen kepada lima guru besar baru Unpad langsung diserahkan oleh Rektor Unpad Rina Indiastuti.

Baca juga: Usia 20 Tahun, Mahasiswa ITS Ini Sudah Peroleh Gelar Sarjana

Kelima guru besar itu, yakni Ahmad Faried dari Fakultas Kedokteran, Dedi Ruswandi dari Fakultas Pertanian, serta Maman Setiawan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kemudian ada Nia Rossiana dari Fakultas MIPA dan Vita Murniati Tarawan dari Fakultas Kedokteran.

Rina mengharapkan, para guru besar yang baru bisa memotivasi dosen lain untuk bisa menaikkan jabatan akademiknya menjadi guru besar.

Upaya ini, bilang dia, memiliki tujuan untuk mencapai standar persentase minimal jumlah guru besar, yakni minimal 10 persen dari jumlah tenaga pendidik yang dimiliki Unpad.

"Idealnya, porsi profesor 10 persen dari jumlah dosen. Kalau jumlah dosen kita 2.000-an, maka kita perlu 200 guru besar. Dengan adanya lima guru besar baru, jumah profesor kita masih 164 orang," ucapnya melansir laman Unpad, Senin (12/4/2021).

Untuk itu, dia mendorong agar setiap guru besar di Unpad bisa menghasilkan satu guru besar baru.

Dengan cara ini, lanjut dia, diharapkan bisa mencapai proporsi ideal dari jumlah guru besar di Unpad.

"Penambahan jumlah profesor menjadi prioritas bagi Unpad," tegas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X