Kompas.com - 11/04/2021, 16:13 WIB
Peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, Setiabudi, Selasa (7/7/2020). UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan ujian dalam dua tahap yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan 20-27 Juli 2020 dengan jumlah total peserta sebanyak 42.463 orang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPeserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, Setiabudi, Selasa (7/7/2020). UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan ujian dalam dua tahap yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan 20-27 Juli 2020 dengan jumlah total peserta sebanyak 42.463 orang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.
|

KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 gelombang 1 akan dilaksanakan besok Senin (12/4/2021). Tahun ini, UTBK masih dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terus mengingatkan peserta UTBK tentang tata tertib pelaksanaan tes. Hal ini untuk mencegah penularan Covid-19 saat pelaksanaan UTBK.

Bahkan sejumlah pusat UTBK di beberapa perguruan tinggi juga mengharuskan peserta membawa hasil negatif atau non reaktif Covid-19 saat mengikuti tes.

Mengutip akun Instagram resmi LTMPT, ada sejumlah informasi bagi peserta UTBK saat mengikuti tes dan setelah tes selesai.

"Tahukah kamu bahwa setelah masuk ruangan ujian, peserta UTBK 2021 dilarang berbicara dengan peserta lain dengan alasan apapun?," tulis admin Instagram LTMPT, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Pakar IPB: Bau Durian Menyengat karena Senyawa Ini

LTMPT mengatakan, UTBK-SBMPTN 2021 menjadi seleksi terbesar bagi putra-putri terbaik bangsa untuk masuk pada jenjang pendidikan perguruan tinggi.

Di tengah masa Pandemi Covid-19 inipun LTMPT berkomitmen untuk dapat memberikan tes seleksi masuk terbaik dengan tetap mengutamakan aspek kesehatan dan keamanan bersama.

"Maka dari itu, yuk kita simak bersama apa yang siswa harus lakukan saat pelaksanaan ujian atau hari H UTBK 2021!," imbuh LTMPT.

Persiapan hari H UTBK

1. Segera siapkan dokumen di atas meja untuk diverifikasi oleh Pengawas (benda lain yang tidak diperlukan harus masuk ke dalam tas dan diletakkan di tempat yang disiapkan).

Baca juga: Pusat UTBK Undip Tak Wajibkan Peserta Bawa Hasil Tes Covid-19

2. Ikuti instruksi Pengawas, seperti kapan harus log in, latihan soal dan patuhi tata tertib ujian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X