Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta UTBK, Ini yang Harus Dilakukan Saat dan Setelah Mengikuti Tes

Kompas.com - 11/04/2021, 16:13 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 gelombang 1 akan dilaksanakan besok Senin (12/4/2021). Tahun ini, UTBK masih dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terus mengingatkan peserta UTBK tentang tata tertib pelaksanaan tes. Hal ini untuk mencegah penularan Covid-19 saat pelaksanaan UTBK.

Bahkan sejumlah pusat UTBK di beberapa perguruan tinggi juga mengharuskan peserta membawa hasil negatif atau non reaktif Covid-19 saat mengikuti tes.

Mengutip akun Instagram resmi LTMPT, ada sejumlah informasi bagi peserta UTBK saat mengikuti tes dan setelah tes selesai.

"Tahukah kamu bahwa setelah masuk ruangan ujian, peserta UTBK 2021 dilarang berbicara dengan peserta lain dengan alasan apapun?," tulis admin Instagram LTMPT, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Pakar IPB: Bau Durian Menyengat karena Senyawa Ini

LTMPT mengatakan, UTBK-SBMPTN 2021 menjadi seleksi terbesar bagi putra-putri terbaik bangsa untuk masuk pada jenjang pendidikan perguruan tinggi.

Di tengah masa Pandemi Covid-19 inipun LTMPT berkomitmen untuk dapat memberikan tes seleksi masuk terbaik dengan tetap mengutamakan aspek kesehatan dan keamanan bersama.

"Maka dari itu, yuk kita simak bersama apa yang siswa harus lakukan saat pelaksanaan ujian atau hari H UTBK 2021!," imbuh LTMPT.

Persiapan hari H UTBK

1. Segera siapkan dokumen di atas meja untuk diverifikasi oleh Pengawas (benda lain yang tidak diperlukan harus masuk ke dalam tas dan diletakkan di tempat yang disiapkan).

Baca juga: Pusat UTBK Undip Tak Wajibkan Peserta Bawa Hasil Tes Covid-19

2. Ikuti instruksi Pengawas, seperti kapan harus log in, latihan soal dan patuhi tata tertib ujian.

3. Setelah masuk ruang ujian, dilarang berbicara dengan peserta lain dengan alasan apapun.

4. Kerjakan ujian sesuai petunjuk dan tetap mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19. Jadi tetap gunakan masker ya.

5. Sebelum waktu ujian selesai, tidak diperkenankan keluar ruangan.

Apabila ada pertanyaan (bukan materi soal ujian), sampaikan ke Pengawas dengan cara mengacungkan tangan.

Baca juga: Peserta UTBK-SBMPTN 2021, Ini 4 Tips Persiapan dari LTMPT

Guna menekan kemungkinan penyebaran virus Covid-19 seoptimal mungkin, LTMPT mengimbau siswa untuk menaati seluruh peraturan yang ditetapkan termasuk begitu siswa selesai melaksanakan tes seleksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com