Kompas.com - 11/04/2021, 15:09 WIB
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Institut Teknologi Sepuluh Nopember

KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang bakal digelar 12 April 2021 sudah mulai dipersiapkan semua kampus yang menjadi pusat UTBK.

Salah satunya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai salah satu pusat UTBK siap melayani kurang lebih 9.230 peserta ujian dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan.

Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Unggul Wasiwitono mengatakan, ITS telah melakukan serangkaian persiapan menjelang UTBK. Antara lain berupa melengkapi sarana dan prasarana terkait teknis pelaksanaan UTBK, pembekalan Penanggung Jawab Lokasi (PJL), Pengawas, Penanggung Jawab IT, serta protokol kesehatan.

Selain itu, peserta yang diperkenankan mengikuti ujian diharapkan pada kondisi yang sehat. Namun untuk ketentuan persyaratan rapid test, dikatakan Unggul, ITS akan mengacu pada kebijakan satgas Covid-19 Kota Surabaya yang sementara ini menyatakan tidak mengharuskan peserta membawa hasil rapid test.

Baca juga: Dari Pintu Sampai Wastafel Bisa Bebas Covid-19 Berkat Cat Produksi ITS

"Meskipun informasi sementara peserta tidak diharuskan rapid test, ITS tetap akan menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai SOP," ujarnya, dilansir dari laman its.ac.id.

Unggul mengatakan, dalam persiapannya ITS telah berkoordinasi dengan Satuan Tugas (satgas) Covid-19 Kota Surabaya dan telah dilakukan asesmen terkait kesiapan prokes oleh satgas Covid-19 Kota Surabaya. ITS juga sudah berkoordinasi dengan PLN dan Polsek setempat untuk mendukung pelaksanaan UTBK.

Dalam menjamin keselamatan dan kesehatan peserta sendiri, Unggul menyebutkan bahwasannya peserta harus mengikuti prokes sesuai SOP protokol Covid-19 untuk pelaksanaan UTBK ITS.

Mulai dari SOP pengantaran dan pemeriksaan, SOP di ruang tunggu, SOP pengantaran ke ruangan, SOP memasuki ruangan, SOP ujian, SOP keluar ruangan dan penjemputan hingga SOP sterilisasi.

ITS juga telah mempersiapkan perangkat komputer yang akan digunakan peserta ujian. "Untuk ketersediaannya (komputer, red) sudah sangat mencukupi bagi 9.230 peserta yang akan mengikuti ujian di ITS," ungkapnya.

Bahkan, menurut dosen Teknik Mesin ini, ITS juga sudah melakukan persiapan ruangan untuk lokasi ujian. Untuk hal ini, ITS telah bekerja sama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) dan IT Telkom Surabaya.

Baca juga: Tiba di Pusat UTBK, Ini yang Harus Dilakukan Peserta

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X