Kompas.com - 11/04/2021, 14:41 WIB
Kampanye PAUD Itu Perlu. DOK. KemendikbudKampanye PAUD Itu Perlu.
|

KOMPAS.com - Guna mendorong terciptanya PAUD berkualitas, sejumlah strategi telah dilakukan dan disiapkan Direktorat PAUD Kemendikbud.

Strategi itu antara lain membuat program wajib PAUD Pra Sekolah Dasar guna menindaklanjuti pesan SDG’s ke empat.

Menurut Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud, Muhammad Hasbi, saat ini baru 41 persen program PAUD Pra SD ini berhasil di implementasikan Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemda Kabupaten/Kota.

Baca juga: Siswa, Ini Hasil Kebudayaan Zaman Paleolitikum Berikut Fungsinya

"Kita akan terus dorong komitmen pemerintah daerah untuk menerbitkan Peraturan Gubernur juga terbitnya Peraturan Bupati atau Peraturan Walikota terkait Wajib PAUD Pra SD," terangnya, dikutip dari laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud, Jumat (9/4/2021).

Dikatakan, sekarang ini "PR" yang berat karena SDG’s memberi waktu tahun 2030 sudah 100 persen anak Sekolah Dasar di Indonesia bersekolah di satuan PAUD.

Anak cenderung berprestasi

Dijelaskan, PAUD itu penting karena berdasarkan hasil penelitian bahwa seorang anak yang mengikuti PAUD cenderung memiliki prestasi yang lebih baik daripada anak yang tidak mengikuti PAUD.

Anak yang mengikuti PAUD memiliki tingkat drop out dan angka mengulang yang lebih rendah. Dan pada jangka panjang anak yang mengikuti PAUD memiliki kesejahteran yang lebih baik.

Sedangkan program kedua adalah mendorong Program 1 Desa 1 PAUD dapat ditingkatkan partisipasinya. Di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) masih banyak desa yang belum memiliki PAUD.

"Baru 72 persen desa di Indonesia ini memiliki PAUD. Artinya saat ini masih ada 22.000 Desa di Indonesia yang belum memiliki PAUD. Ini tantangan besar tentunya," ungkapnya.

Baca juga: 7 Keuntungan Membaca Dongeng bagi Anak

Direktorat PAUD terus berkoordinasi dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal agar desa yang belum memiliki PAUD dapat akses program PAUD.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X