Kompas.com - 11/04/2021, 13:33 WIB
Ilustrasi durian. shutterstock.com/WIRACHAIPHOTOIlustrasi durian.
|

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal buah durian? Bentuknya yang khas pasti langsung bisa dikenali.

Selain itu, buah durian atau sering disebut King of Fruit ini juga punya bau khas dan daging buah yang lezat.

Buah yang banyak tumbuh di Sumatera dan Kalimantan ini juga banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara.

Meski penggemar durian cukup banyak, ada juga orang yang tidak suka durian. Salah satu penyebabnya karena baunya yang tajam dan menyengat.

Bahkan karena baunya yang menyengat ini, buah durian dilarang di beberapa tempat. Misalnya dibawa di kabin pesawat, hotel dan angkutan umum.

Baca juga: Pakar IPB: 4 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Durian mengandung 44 senyawa

Menurut Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ahmad Sulaeman, bau durian yang tajam dan menyengat ini disebabkan karena buah durian mengandung satu asam amino yang langka bernama etionin.

Jumlah etionin ini akan makin meningkat seiring makin matangnya durian. Prof. Ahmad menerangkan, enzim spesifik pada durian ini akan melepaskan asam amino etionin yang mengeluarkan bau khas.

"Selain itu ada 44 senyawa lain yang beberapa diantaranya mengeluarkan bau busuk seperti bau kentut, bawang hingga kubis busuk. Tapi senyawa lainnya juga mengeluarkan bau enak, seperti bau karamel, madu dan buah," ungkap Prof. Ahmad seperti dikutip dari kanal Youtube IPB TV, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Pusat UTBK Undip Tak Wajibkan Peserta Bawa Hasil Tes Covid-19

Lantaran tiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda dalam menangkap bau durian. Sehingga persepsi tiap orang juga beda. "Ada yang merasa bau durian enak dan tidak enak," imbuh Prof. Ahmad.

Manfaat durian bagi tubuh

Selain itu beberapa penelitian mengungkapkan, bau durian yang khas membantu proses kelestarian durian. Karena bisa menarik hewan untuk memakan dan menyebarkan bijinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X