Kompas.com - 09/04/2021, 06:35 WIB
Ilustrasi siswa SMA ujian. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITIlustrasi siswa SMA ujian.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan pelaksanaan belajar tatap muka terbatas bisa ditutup selama tiga hari, jika ditemukan ada penularan kasus Covid-19.

"Sesuai peraturan, jika ada penularan Covid-19 di sekolah, maka pelaksanaan belajar tatap muka ditutup minimal 3 kali 24 jam atau tiga hari," ucap Dirjen PAUD Dikdasmen Jumeri secara daring, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Kemendikbud: 1 Juta Guru Telah Divaksin Covid-19

Setelah itu, bilang dia, sekolah harus berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan (Disdik), dan Puskesmas, ketika ada kasus Covid-19 di sekolah.

Hal itu bertujuan, agar ada penanganan yang baik. Sehingga tidak terjadi klaster Covid-19 di sekolah.

Adapun harapannya, sebut dia, sekolah bisa melakukanan penanganan yang baik.

"Mulai dari pembersihan, pencucian, pemberian disinfektan, saat sekolah tidak digunakan. Kepada yang sakit, agar ditangani dengan baik," tegas dia.

Dia menginginkan semua siswa, guru, dan tenaga kependidikan harus memenuhi daftar periksa.

Dengan begitu, protokol kesehatan saat belajar tatap muka terbatas terjalani dengan baik.

Baca juga: Kemendikbud: Kami Tidak Mau Siswa Terjebak di Jurang Kegagalan

"Ketika sekolah terjadi klaster Covid-19, bisa dipastikan ada pelanggaran protokol kesehatan, karena tidak hati-hati dan tidak sungguh-sungguh mematuhi protokol kesehatan," jelas Jumeri.

Sekolah sudah boleh belajar tatap muka 

Mendikbud Nadiem Makarim pernah mengatakan, SKB 4 Menteri telah memutuskan bagi guru dan tenaga kependidikan di sekolah sudah melakukan vaksinasi, maka bisa membuka belajar tatap muka.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X