Kompas.com - 07/04/2021, 09:08 WIB
Ilustrasi duduk sakit pinggang spukkatoIlustrasi duduk sakit pinggang
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengharuskan semua orang untuk membatasi aktivitas fisik. Salah satu contohnya ialah banyak diterapkan bekerja dari rumah (WFH).

Namun, bekerja dari rumah juga sama halnya dengan duduk terlalu lama. Terutama bekerja di depan komputer atau laptop mengharuskan seseorang untuk duduk.

Tetapi, pernahkan Anda berpikir bahwa duduk terlalu lama juga ada dampak negatif? Bagaimana mengatasi kelelahan saat bekerja dari rumah?

Terkait hal itu, memperingati Dies Natalis FK-KMK UGM ke-75 dan Lustrum XV Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) menyajikan webinar kesehatan untuk masyarakat awam.

Baca juga: 7 Tips Belajar Lebih Produktif

Adapun webinar digelar secara daring melalui kanal YouTube FKKMK UGM Official dan Platform Zoom, beberapa hari yang lalu.

Jadi salah satu penyakit baru

Salah satu narasumber Dr. dr. Denny Agustiningsih, M.Kes., AIFM dari Departemen Fisiologi FK-KMK UGM mengatakan, aktivitas fisik merupakan salah satu anjuran yang selalu muncul dalam pendidikan kesehatan selama masa pandemi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini karena memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh kita terhadap berbagai penyebab penyakit salah satunya virus Covid-19," ujarnya seperti dikutip dari laman fk.ugm.ac.id, Senin (5/4/2021).

Menurutnya, fenomena saat ini beberapa orang mungkin sudah menjalankan aktifitas fisik sesuai dengan anjuran namun masih merasa lelah setiap saat.

Sehingga muncul pertanyaan mengapa sudah rajin olahraga namun masih merasa lelah? Bagaimana cara mengatasi kekelahan disaat sudah sesuai anjuran aktifitas fisik?

"Saat ini duduk menjadi salah satu penyakit baru yang diibaratkan dengan duduk lama dalam sehari. Ini serupa dengan merokok, sitting is the new smoking," katanya.

Baca juga: Tips Tingkatkan Imun ala Pakar Unair

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.