Kompas.com - 06/04/2021, 17:02 WIB
Suasana kampus Universitas Brawijaya, Kota Malang, Rabu (17/7/2019) KOMPAS.com/ANDI HARTIKSuasana kampus Universitas Brawijaya, Kota Malang, Rabu (17/7/2019)
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Koordinator Bagian Akademik dan Kerja Sama Universitas Brawijaya (UB) Heri Prawoto Widodo menyatakan, UB mengajukan kuota gratis Kemendikbud periode Maret-Mei 2021 untuk 51.000 mahasiswa dan 1.454 dosen.

"Kuota yang diberikan berupa kuota untuk all access, tidak ada pembagian kuota umum dan kuota belajar seperti tahun sebelumnya," ucap dia melansir laman UB, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Tidak Dapat di Maret, Ini Cara Daftar Peroleh Kuota Gratis Kemendikbud

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UB Abdul Hakim menyampaikan, program bantuan kuota gratis Kemendikbud merupakan kelanjutan yang sudah diberikan tahun lalu.

Namun, kata dia, kuota gratis Kemendikbud berbeda dari tahun sebelumnya.

Tahun lalu, mahasiswa bisa memperoleh 50 gigabyte (GB) per bulan, kini mahasiswa hanya memperoleh 15 GB per bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyesuaian jumlah kuota gratis Kemendikbud di tahun ini, bilang dia, ditetapkan melalui evaluasi yang dilakukan oleh Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) terhadap penggunaan kuota oleh mahasiswa di 2021.

"Harapannya, mahasiswa dapat menggunakan bantuan kuota sesuai dengan fungsi yang diharapkan, yaitu untuk proses pembelajaran," sebut dia.

Kepala Bagian Kemahasiswaan UB Susantinah Rahayu menyebutkan, bantuan kuota gratis Kemendikbud diberikan kepada mahasiswa aktif semester genap yang tercatat di PDDikti.

Baca juga: Daftar Maret, Dapat Kuota Gratis Kemendikbud di April-Mei 2021

"Pada saat daftar ulang di semester genap. Mahasiswa mengupdate nomor telepon seluler yang digunakan di SIAM. Di SIAM akan terlihat status mahasiswa yang aktif kuliah beserta nomor HP yang aktif digunakan," jelas dia.

Lalu, bagi mahasiswa yang tidak aktif, cuti, atau sudah lulus secara otomatis tidak akan mendapat bantuan kuota gratis Kemendikbud.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.