Kompas.com - 04/04/2021, 12:51 WIB
Ilustrasi diet ketat. Setelah melahirkan, ahli gizi tidak menyarankan ibu melakukan diet ketat demi kesehatannya dan bayinya. SHUTTERSTOCK/PixelblissIlustrasi diet ketat. Setelah melahirkan, ahli gizi tidak menyarankan ibu melakukan diet ketat demi kesehatannya dan bayinya.
|

 

KOMPAS.com - Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam tentang makanan dan kandungan gizinya, jurusan Gizi Kesehatan bisa dijadikan pertimbangan.

Sama seperti profesi tenaga kesehatan lainnya, lulusan Gizi Kesehatan juga memiliki prospek kerja yang terbuka lebar.

Jurusan Gizi Kesehatan ada di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020, jurusan ini diminati oleh 1.324 orang. Sedangkan daya tampung dalam SBMPTN 2021 hanya 35 kursi saja.

Selain bisa bekerja di rumah sakit, menjadi seorang ahli gizi juga bisa menjadi seorang konsultan diet hingga food writer.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Syarat Jalur SPMB Mandiri di Unsoed

Nutritionist bisa jadi pilihan karier

Menurut alumni UGM, Ineka Andi Tabita, menjadi nutritionist adalah salah satu pilihan karier yang tepat bagi lulusan Gizi Kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tabita mengaku, sejak dulu memang tertarik mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan makanan. Setelah lulus, dia mengawali kariernya sebagai nutritionist di sebuah rumah sakit. Selain itu, ada berbagai tantangan yang dihadapi sebagai fresh graduate.

"Namun, rasa lelah yang diperoleh terbayar dengan banyaknya pengalaman yang didapatkan. Mulai dari ahli gizi untuk rawat inap, rawat jalan, chef, hingga marketing," kata Tabita seperti dikutip dari laman kagama.co, Minggu (4/4/2021).

Baca juga: Jadi Mahasiswa Unair Termuda, Ini Tips Sukses SNMPTN ala Hasna

Bahkan setelah lulus, Tabita juga pernah mengicipi bekerja sebagai freelance membantu beberapa perusahaan tertentu untuk menjelaskan produk mereka kepada publik.

"Bahkan sebetulnya saya bisa mengerjakan apa saja yang bisa memberi penghasilan," imbuh pemilik sebuah klinik diet dengan terapi berbasis makanan dan edukasi kesehatan ini.

Peluang kerja lulusan gizi terbuka lebar

Mengutip data dari The International Confederation of Dietetic Associations (ICDA), profesi nutritionist semakin berkembang sampai 50 persen pada 2016 hingga sekarang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.