Kompas.com - 31/03/2021, 09:30 WIB
Peserta UNBK Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah Salu Bua, kecamatan Suli Barat, kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, mengikuti UNBK di rumah warga untuk mendapatkan jaringan internet, Kamis (25/04/2019) KOMPAS.com/AMRAN AMIR Peserta UNBK Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah Salu Bua, kecamatan Suli Barat, kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, mengikuti UNBK di rumah warga untuk mendapatkan jaringan internet, Kamis (25/04/2019)

KOMPAS.com - Bagi madrasah swasta, ada kabar gembira kali ini. Kementerian Agama akan mencairkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi madrasah swasta, mulai Rabu (31/3/2021).

Keterangan ini disampaikan Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kemenag A. Umar.

"InsyaAllah tidak kurang dari 3,6 triliun dana BOS bagi madrasah swasta akan mulai dikucurkan besok pagi (hari ini-red)," kata Umar, dilansir dari laman resmi kemenag.go.id, Selasa (30/3/2021).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, penyaluran BOS madrasah swasta tidak lagi dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota atau Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi.

"Mulai tahun ini, pencairan BOS madrasah swasta dilakukan dari pusat," jelasnya.

Tentu hal ini, menjadi kabar baik bagi semua madrasah swasta yang telah menanti dana BOS. 

Baca juga: Kemenag: 9.495 Kuota PPPK Guru Madrasah Tersebar di 30 Provinsi

"Kami berharap dengan kebijakan ini, penyaluran dana BOS dapat termonitor dengan baik," imbuhnya.

Umar berharap madrasah dapat memanfaatkan dana BOS yang disalurkan secara optimal oleh semua madrasah swasta yang menerima.

"Saya mohon dengan hormat, para kepala madrasah saya titip satu, yaitu dana bos ini betul-betul habis tapi bermanfaat," pesan Umar.

Indikator dana BOS bermanfaat, menurut Umar adalah jika seluruh pembelanjaan dilakukan untuk menunjang proses belajar dan mengajar, untuk menunjang prestasi siswa madrasah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X