Kompas.com - 30/03/2021, 18:00 WIB
Ribuan orang sejak pagi sudah memadati Gedung Olah Raga Indoor Palangkaraya, untuk menjalani vaksinasi tahap pertama yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Sabtu (20/03/2021). KURNIA TARIGANRibuan orang sejak pagi sudah memadati Gedung Olah Raga Indoor Palangkaraya, untuk menjalani vaksinasi tahap pertama yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Sabtu (20/03/2021).

KOMPAS.com - Program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah pusat terus bergulir. Setelah tenaga medis, TNI Polri, tenaga pendidikan, diharapkan seluruh kalangan masyarakat bisa mendapatkan vaksin Covid-19 secara bertahap. 

Pemberian vaksin ini tentu menjadi angin segar bagi pencegahan penularan Covid-19. Proses vaksinasi di seluruh kalangan masyarakat penting dilakukan untuk mencegah meluasnya penyakit Covid-19.

Bahkan semakin banyak masyarakat yang divaksinasi akan semakin baik.

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Kusnandi Rusmil, vaksinasi itu penting dan perlu. Apalagi untuk penyakit yang belum dikenali seperti Covid-19.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Vaksinasi ciptakan imunitas komunitas

Prof. Kusnandi menerangkan, vaksin berguna menciptakan imunitas individu untuk mencegah penyakit infeksi tertentu.

"Jika sebagian besar masyarakat divaksinasi, maka kemampuan patogen untuk menyebar sangat terbatas. Vaksinasi juga dapat melindungi kelompok yang tidak diimunisasi," kata Prof. Kusnandi seperti dikutip dari laman unpad.ac.id, Selasa (30/3) .

Jika banyak masyarakat yang telah kebal, lanjut Prof. Kusnadi, diharapkan akan timbul imunitas komunitas. Hal ini akan memutus penularan pada kelompok yang tidak dapat diimunisasi. Misalnya bayi kecil dan penderita imunokompromais

“Sehingga muncul herd immunity, atau indirect atau population immunity. Kekebalan komunitas,” tutur Prof. Kusnandi.

Baca juga: Guru Besar IPB Temukan Formula Minuman Penurun Gula Darah

Prof. Kusnandi mengungkapkan, pada umumnya vaksinasi penting karena dapat mencegah penyakit berbahaya yang tak jarang menimbulkan kematian atau setidaknya menyebabkan kecacatan. Tujuan akhirnya adalah eradikasi penyakit.

“Apabila kita akan melakukan kekebalan komunitas maka paling tidak kita harus mengimuniasi 70 persen dari jumlah penduduk yang ada. Sehingga yang 30 persen itu akan terlindungi,” terang Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Sinovac ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X