Kompas.com - 29/03/2021, 20:24 WIB
Pertamina foundatio membuka beasiswa bagi mahasiswa S1 dan Diploma 2021. DOK. pertaminaPertamina foundatio membuka beasiswa bagi mahasiswa S1 dan Diploma 2021.

KOMPAS.com - Pertamina Foundation melalui program PF prestasi, kembali membuka program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2021.

Nantinya, ada 350 mahasiswa dari kampus mitra yang akan diberikan bantuan berupa biaya SPP, biaya hidup bulanan mahasiswa. Termasuk, bisa mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran serta pembentukan karakter melalui kegiatan peningkatan kapasitas dan Aksi Sobat Bumi.

Beasiswa ini, dibuka untuk mahasiswa S1/Diploma serentak pada 29 Maret 2021 di seluruh kampus mitra wilayah area bisnis Pertamina. Untuk kampus yang menjadi mitra di tahun 2021 jumlahnya bertambah. Dari yang awalnya hanya 25 kampus kini menjadi 36 kampus.

Baca juga: Masih Dibuka, Seleksi Jalur Rapor Universitas Pertamina

Melansir dari laman Pertamina Foundation, berikut syarat, jenis beasiswa dan bentuk bantuan beasiswa yang bisa didapatkan:

Persyaratan umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Mahasiswa Aktif
  • Untuk mahasiswa vokasi minimal diploma III atau sederajat dan sedang menempuh Semester II
  • IP atau IPK sampai semester II adalah ≥ 3,0 skala 4
  • Aktif ikut organisasi/ kegiatan sosial kemasyarakatan/ lingkungan hidup
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
  • Tidak pernah terlibat penyalahgunaan obat terlarang/ narkoba, dan kegiatan tindak kriminal lainnya
  • Membuat karya tulis, dengan tema: “Berbagi Pengalamanku dalam Aksi Solidaritas Covid-19, dan Rencana Aksi Recovery Covid-19” dengan ketentuan minimal 3 halaman quarto spasi 1,5
  • Kuliah di kampus mitra Pertamina Foundation

Jenis Beasiswa

1. Beasiswa pertamina sobat bumi S1 reguler

Sasaran penerima beasiswa adalah putra/putri yang kuliah di Perguruan Tinggi mitra Pertamina Foundation yang berprestasi di bidang akademik, mempunyai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, berkomitmen untuk berkontribusi positif terhadap hidup yang ramah lingkungan, dan diutamakan memiliki keterbatasan secara ekonomi.

Komponen bantuan beasiswa

  • Bantuan biaya pendidikan merupakan bantuan untuk pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Perguruan Tinggi termasuk pembayaran praktikum, buku dan pembinaan mahasiswa.
  • Bantuan biaya hidup, merupakan bantuan pendukung untuk kegiatan pendidikan. Pemberian bantuan biaya hidup melekat dengan bantuan biaya pendidikan. Dalam hal mahasiswa/ mahasiswi mengajukan cuti kuliah sehingga tidak mendapatkan pembiayaan beasiswa pendidikan maka biaya hidup juga akan dihentikan sampai mahasiswa menyelesaikan cutinya.
  • Bantuan kegiatan Aksi Sobat Bumi. Penerima beasiswa diwajibkan untuk aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial, pelestarian lingkungan dan berkontribusi positif terhadap perbaikan lingkungan sekitar. Diberikan bantuan yang bersifat stimulan dengan besaran disesuaikan kemampuan Pertamina Foundation untuk kegiatan green living dan environmental sustainability yang dapat dilakukan secara perseorangan maupun berkelompok.
  • Training Capacity Building. Penerima beasiswa akan mendapatkan training pengembangan individual yang dikoordinir oleh Pertamina Foundation mengenai pengetahuan, motivasi, ketrampilan, maupun pengembangan organisasi seperti pengembangan jaringan, leadership, dan lain lain.
  • Gathering Sobat Bumi (atau kegiatan sejenisnya). Penerima beasiswa wajib mengikuti kegiatan yang berupa orientasi/ pengenalan beasiswa dan sobat bumi, kegiatan aksi sobat bumi, dan team building.

Baca juga: Agar Berdikari, Dosen dan Mahasiswa UI Ajari Siswa SMPN 290 Budidaya Lele

2. Beasiswa Pertamina Afirmasi Daerah Operasi

Beasiswa Pertamina Afirmasi Daerah Operasi adalah jenis Beasiswa Sobat Bumi yang diberikan bagi pelajar/mahasiswa/masyarakat yang memiliki prestasi, potensi, perhatian khusus, kawasan tertentu, dan atau kebijakan khusus dari Donatur /Yayasan.

Komponen bantuan beasiswa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X